Beruntungnya kita tinggal di Indonesia yang melimpah dengan aneka bumbu dapur. Hal ini membuat aneka masakan negeri ini kaya rasa. Tak cuma digunakan untuk menyedapkan makanan, aneka bumbu yang tersedia di dapur memiliki manfaat hebat bagi kesehatan. Dilansir dari Readers Digest UK, Senin (19/1/2015), berikut tiga bumbu dapur yang memiliki manfaat hebat bagi kesehatan Anda.

  1. Cengkeh sebagai antioksidan
    Cengkeh adalah salah satu sumber terbaik antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang merusak kesehatan. Lalu, berdasarkan studi dariJournal of Lipid Researchmenunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat menghambat COX-2 sebuah protein yang memicu peradangan. Bonus lainnya adalah cengkeh juga bisa lho sebagai penyegar napas alami.
  2. Kayu manis sebagai tingkatkan daya ingat
    Makanan atau minuman yang mengandung kayu manis jadi makin lezat dan beraroma harum. Selain itu, sebuah studi di Amerika Utara dalam Journal of Psychology mengungkapkan bahwa bau rempah-rempah dari kayu manis mendorong proses kognitif dan meningkatkan daya ingat dan kecepatan respon. Tidak itu saja, penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat mencegah resitensi insulin. Setelah mengonsumsi kayu manis, para partisipan yang terlibat menunjukkan efek menguntungkan pada glukosa, insulin, dan tekanan darah.
  3. Jahe melawan morning sickness
    Jahe digunakan untuk menenangkan sakti perut serta melawan mabuk. Para peneliti Kanada menyebutkan bahwa jahe dapat meredakan rasa mual dan muntah pada masa kehamilan.

jahe-jahe-jahe