Buah nangka merupakan salah satu buah yang umum tumbuh di daerah tropis. Aromanya yang khas dan mudah melekat pada orang yang mendekatinya membuat buah nangka kurang disukai. Buah nangka mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, niacin,  serta mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah yang cukup banyak bila dibandingkan dengan berbagai nutrien lain. Walaupun buah nangka ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, namun sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, pasalnya buah ini dapat menimbulkan banyak gas dalam perut.

Jenis buah nangka ada 2 macam yaitu :

  1. Nangka Bubur : Dengan daging buah yang tipis, berserat, lunak dan membubur, rasanya asam manis, dan berbau harum tajam.
  2. Nangka Salak : Dengan daging buah yang tebal, keras, mengeripik, rasa manis agak pahit, dan tak begitu harum.

Berikut manfaat buah nangka adalah :

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Buah nangka sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik, untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi sel darah putih.
  • Proteksi terhadap kanker

Buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya sel kanker.

  • Kurangi resiko jantung dan strok

Buah nangka kaya akan kalium yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, juga baik untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

  • Mengoptimalkan fungsi tubuh

Buah nangka mengandung mineral seperti mangan, zat besi, vitamin B6, niasin, asam folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

  • Penambah Energi

Buah nangka dapat dipertimbangkan sebagai makanan penambah energi karena adanya kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Daging buahnya yang empuk, manis, dan halus dapat segera membuat kita merasa segar kembali.

 

Manfaat buah nangka