Buah tropis ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Buah nanas merupakan buah yang unik, karena mempunyai ciri khas tersendiri, berupa mahkota yang ada di atasnya. Buah nanas juga mempunyai kandungan air hampir 90%, kaya akan kalium, kalsium, lodium, sulfur, asam, biotin, vitamin B12, Vitamin E, serta enzim bromelin. Salah satu manfaat buah nanas yaitu untuk pembersih tubuh.

Ada beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan antara lain :

  • Melancarkan pencernaan Protein

Buah nanas kaya akan enzim bromelain yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan membantu pencernaan. Enzim bromelain mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya agar mudah diserap tubuh. Bromelain membantu penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan/peradangan di dalam tubuh.

  • Sebagai Pembersih

Manfaat nanas sebagai pembersih ini juga diperoleh dari adanya enzim bromelain yang dapat membantu agar kadar asam dalam darah menjadi seimbang. Nanas juga dapat mengurangi kadar air yang berlebih dari dalam tubuh sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit Edema. Selain enzim bromelain, asam aspartic yang terkandung dalam nanas juga dapat membuang asam amonia yang merupakan racun berbahaya dari dalam tubuh.

  • Menurunkan Berat Badan

Buah nanas ternyata dapat melangsingkan tubuh dan cukup baik digunakan untuk program diet. Caranya adalah sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci bersih. Potong seperlunya lalu dijus atau diparut, kemudian peras airnya. Minum perasan air ini tanpa campuran apapun, lakukan dua kali sehari.

Manfaat buah nanas