Bersepeda kini menjadi olahraga yang diminati oleh masyarakat. Hampir setiap pagi kita dapat melihat orang-orang berolahraga menggunakan sepeda. Sepintas olahraga bersepeda merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja dan memang hal tersebut benar adanya. Bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar. Bersepeda merupakan latihan yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran, pada saat yang bersamaan sistem persendian kita pun akan menjadi lebih lentur.

 Beberapa Manfaat Bersepeda untuk kesehatan adalah :

·         Kesehatan Hati dan Jantung

Dengan bersepeda tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang dibandingkan dengan orang yang tidak bersepeda. Bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam aerobik dan lebih menyenangkan. Bersepada adalah olahraga yang efektif untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat.

·         Menjaga berat badan

Bersepeda dapat di jadikan sebagai salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energi kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi, misalnya makanan yang berlemak. Hanya dengan 15 menit bersepeda dari rumah ke kantor kita 5 – 6 kali dalam seminggu, kita telah berhasil mengurangi berat badan kita 6 kg dalam satu tahun.

·         Mengurangi polusi udara

Kita tidak perlu khawatir dengan polusi udara yang di timbulkan oleh kendaraan, hasil penelitian menyebutkan orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi udara dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak.

·         Membuat hidup lebih semangat

Bersepeda memberikan sisi positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Dengan bersepeda kita bisa melihat lingkungan dengan jelas, kita juga bisa menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Yang timbul dari semua itu adalah ke kesehatan kita.

·         Melancarkan sirkulasi darah dan aliran oksigen ke paru-paru dan otak

·         Mengurangi timbunan lemak

Manfaat bersepeda untuk kesehatan