Bawang putih mempunyai nama Latin Allium sativum Linn. Kata Allium berarti berbau tidak sedap dan sativum berarti dibudidayakan. Sebutan sativum untuk membedakannya dengan bawang jenis lain yang tumbuh liar, yaitu Allium longicurpis Regel. Bawang putih tidak hanya pendamping bawang merah untuk bumbu dapur, tetapi bawang putih juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih mengandung banyak zat gizi. Tanaman ini berfungsi menjaga kesehatan dan menangkal penyakit, mulai dari cacingan sampai kanker, serta penyakit degeneratif lain. Manfaat lain meningkatkan daya ingat dan kekebalan tubuh, serta mencegah penuaan dini. Hampir semua masakan tradisional Indonesia menggunakan bawang putih sebagai salah satu komponennya yaitu sebagai bumbu dan penyedap makanan.

Bawang putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan antara lain :

·         Daya Ingat

Khasiat bawang putih sebagai bahan pangan tradisional yang menyehatkan telah lama menarik perhatian para ilmuwan. Dr. Saito, salah seorang peneliti Jepang terkemuka mengenai proses penuaan, telah menemukan bahwa bawang putih dapat memperpanjang rentang hidup tikus percobaan yang dipelihara di laboratorium.

·         Menghilangkan Jerawat

Bawang putih dapat digunakan bersama dengan bahan lain seperti madu , krim dan kunyit untuk mengobati bekas jerawat dan bahkan mencegah pertumbuhan jerawat. Bawang putih bertindak sebagai pembersih dan antibiotik untuk ruam kulit menenangkan.

·         Kanker

Reguler asupan bawang putih mengurangi resiko usus besar, lambung dan esofagus kanker . Hal ini membantu dalam mengurangi produksi senyawa karsinogenik. Hal ini juga mengurangi terjadinya tumor dan kanker payudara.

·         Perawatan Mata

Bawang putih kaya nutrisi seperti Selenium, Quercetin dan Vitamin C yang membantu mengobati infeksi mata dan pembengkakan.

Manfaat bawang putih

Trends Mebel Terbaik:

gambar bawang putih