Asam jawa biasanya diketahui untuk bumbu masak, maupun minuman tradisional. Tetapi nyatanya buah yang nama lain Tamarin ini serta bisa dipakai untuk kecantikan kulit. Karenanya buah ini bisa berikan dampak yang makin baik untuk kecantikan kulit. Kandungan nutrisi dalam buah yang rasanya seperti namanya tersebut cukup lengkap, mulai dari vitamin C, Antioksidan, Betakaroten, serta potassium dan magnesium. Karena itu buah ini dapat memberi efek yang lebih baik bagi kecantikan kulit Anda. Oleh karena itu asam jawa sering dijadikan bahan minuman atau makanan, selain untuk memberi asam manis tentunya juga bertujuan untuk memanfaatkan kandungan vitamin yang ada didalamnya. Salah satu kandungan yang baik pada asam jawa untuk tubuh adalah untuk mengatasi kejadian darah rendah dan juga menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Selain itu asam jawa juga memiliki kandungan yang mampu menghilangkan eksim, disentri, dan difteri pada tubuh anda. Bukan hanya sampai disitu, asam jawa yang merupakan bumbu dapur ini juga bisa bermanfaat untuk kecantikan lho.

Apa saja manfaat asam jawa untuk kecantikan kulit, berikut diantaranya :

  1. Mencerahkan Kulit

Buah asam dapat digunakan sebagai lulur yang berfungsi mencerahkan kulit anda. Caranya adalah dengan melarutkan daging asam jawa kedalam air hangat, lalu beri bubuk kunyit sedikit. Gunakan air asam tersebut untuk luluran dengan digosok-gosok perlahan di permukaan kulit, dan diamkan hingga meresap. bilas hingga bersih. Kulit akan terasa lebih bersih dan cerah.

  1. Sel Kulit Mati

Di buah asam jawa ini terdapat kadar AHA (Alpha Hydroxy Acids), yang dapat menolong mengangkat kulit mati. Langkahnya, ambiil daging asam jawa, campur dengan sedikit garam dan yogurt. Pakai menjadi masker di kulit sembari di pijat perlahan-lahan supaya sel kulit mati terangkat. Diamkan sesaat serta basuh sampai bersih.

  1. Sesulit

Sesulit di permukaan kulit sangat mengganggu. Karena itu hilangkan dengan campuran asam jawa yang diberi gula pasir, baking soda sedikit, serta air lemon. Campuran ini lalu gunakan sebagai masker di permukaan kulit yang bersesulit. Pijat dengan gerakan melingkar saat mengoleskannya. Kemudian diamkan sejenak dan bersihkan dengan air bersih.

Seluruh perawatan dengan buah asam jawa tersebut sekaligus akan memberi efek melembabkan bagi kulit anda. Nah, manfaat asam jawa di atas semoga dapat membantu permasalahan kulit yang sedang anda hadapi.

Selamat Mencoba..

asam-jawa