Para orangtua kerap bertanya-tanya apa makanan terbaik untuk sang buah hati usia di bawah lima tahun. Dan memang tidak semua makanan bisa bebas dikonsumsi oleh balita. Para ahli memberikan daftar makanan maupun minuman yang sebaiknya dibatasi pemberiannya. Berikut daftarnya seperti dilansir Times of India, Sabtu (17/1/2015).

  1. Permen rasa buah
    Aneka permen rasa buah dengan warna-warna menarik pasti menarik perhatian anak-anak. Para peneliti mengatakan bahwa permen ini mengandung gula dalam jumlah besar. Selain itu, permen pun mudah menempel di mulut anak-anak.
  2. Minuman soda
    Minuman kola kaya akan gula dalam jumlah besar berdasarkan penelitian ini tidak baik dikonsumsi balita karena berdampak pada penambahan berat badan di kemudian hari.
  3. Kecap
    Jangan terlalu banyak memberikan makanan yang mengandung kecap pada makanan yang disajikan pada balita karena mengandung tinggi natrium dan pengawet yang berbahay bagi bayi.
  4. Keju
    Dairy product yang satu ini mengandung kalori yang tidak mudah dicerna dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan sakit perut pada beberapa balita.
  5. Sereal
    Sarapan sereal sepertinya sehat ya, tapi makanan ini memiliki tinggi gula yang tidak cocok untuk balita.

Itulah beberapa makanan yang harus dibatasi pada balita.

sugarkidscontent