Gaya hidup kurang bergerak, pola makan tinggi lemak dan stress, sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, selain kanker. Hampir setengah juta pria dan wanita meninggal akibat penyakit ini setiap tahunnya. Cara terbaik untuk melawan penyakit ini adalah dengan mengubah gaya hidup, termasuk pola makan. Tak heran bahwa angka penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, terus meningkat. Berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya, adalah salah satu syarat untuk menjaga kebugaran tubuh. Tetapi, untuk memperoleh manfaat maksimal dari olahraga, kita juga perlu menjalani pola makan sehat.

Berikut makanan enak untuk kesehatan jantung :

  1. Ikan

Ikan adalah sumber Omega-3 asam lemak yang melindungi jantung Anda dengan mengurangi peradangan dan risiko pembekuan darah. Lemak ini juga bekerja untuk menjaga kadar kolesterol sehat. Makan Salmon atau ikan berminyak seperti Samudra Tuna, Sarden, atau Herring setidaknya dua kali seminggu untuk kesehatan jantung. Cobalah Steaks Salmon panggang dengan sayuran hijau dan salad dengan taburan jus lemon.  Minyak ikan seperti ikan sarden merupakan sumber yang sangat baik dari Omega-3 dan Makan sarden berserta tulangnya merupakan sumber yang kaya akan mineral.

  1. Bayam

Bayam memiliki kandungan bernama betaine yang baik untuk kesehatan jantung. Bila anda tidak suka dengan sayur bayam, anda bisa menggantinya dengan sayur lainnya. Mengkonsumi dua jenis sayuran setiap hari akan memperkecil risiko penyakit jantung hingga 25%.

  1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung beberapa nutrisi yang menjaga darah tetap mengalir dengan baik dan membuka arteri. Mereka adalah sumber makanan yang sangat baik untuk vitamin E, antioksidan yang mencegah kolesterol jahat teroksidasi dan membentuk plak pada dinding arteri. Almond kaya akan kalsium, vitamin E, magnesium dan lemak sehat, yang semuanya baik untuk jantung Anda. Kenari adalah pilihan lain yang baik untuk jantung sehat Anda.

  1. Yogurt

Pilih yogurt yang rendah lemak dan minimal mengandung 6 gram protein. Anda juga dapat menambahkan yogurt dengan buah-buahan yang Anda suda.

  1. Kedelai

Kedelai dan hasil olahan kedelai, dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kedelai kaya serat dan mengandung asam lemak omega-3 (mencegah platelet darah lengket dan beku). Tahu dan susu kedelai kaya akan magnesium, kalium dan kalsium, semua penting untuk mengatur tekanan darah.

Itulah beberapa makanan sehat yang baik untuk jantung Anda. Selain mengatur pola makan, pastikan bahwa Anda selalu berolahraga setiap hari, setidaknya 16 menit per hari.

bayam

 

 

Trends Mebel Terbaik:

rumah makan sehat bagi penyakit jantung di palembang