Jika anda penggemar cokelat, hal tersebut akan menguntungkan kesehatan. Coklat tidak hanya akan membuat pikiran rileks dan terjaga moodnya, namun juga berkonstribusi terhadap peningkatan fungsi otak. Alhasil rutin mengkonsumsi coklat menjadi salah satu cara untuk menjaga otak dari kepikunan. Normalnya pada usia diatas 65 tahun, sekitar 40 % kemampuan memori otak tak akan menurun. Penurunan fungsi ini terletak dibagian dentate gyrus yang ada hippocampus. Bagian tersebut bertanggung jawab untuk menyimpan ingatan lama sekaligus membantu penyimpanan ingatan baru. Kalau degenerasi otak tidak mendapat penanganan akan terjadi kepikunan yang lebih parah misalnya dalam bentuk demensia atau Alzheimer. Hubungannya dengan coklat, nyatanya didalam kandungannya ada flavanol alami. Inilah zat yang bermanfaat dalam kembalikan daya ingat termasuk juga untuk beberapa lanjut usia. Studi terbaru yang dikerjakan ilmuwan Columbia University Medical Center serta Mars Inc, coklat dapat meminimalisasi hilangnya memori yang ada di otak.

Hasil tersebut didapatkan setelah mengamati sejumlah 30 relawan berusia 50-69 tahun dilibatkan dalam pengujian. Mereka di berikan cokelat selama masa penelitian dengan dosis 900 miligram dan 10 miligram. Dari pindai otak yang dilakukan, relawan yang mengambil minuman coklat lebih tinggi memiliki kondisi otak yang lebih baik dari relawan yang hanya minum sedikit coklat.

“Ketika kami mengambil foto scan pada subjek penelitian kami, kami menemukan perbaikan yang nyata terhadap fungsi dari dentate gyrus pada mereka yang mengkonsumsi cokelat-flavanol dalam dosis yang lebih tinggi,” kata Adam M. Brickman PhD, peneliti yang tergabung dalam Associate Professor of Neuropsychology di the Taub Institute, seperti dikutip Detik Health.

Tetapi butuh diingat, untuk memperoleh hasil ini dapat tak bisa konsumsi coklat asal-asalan. Kata Adam, titak tiap-tiap orang bakal memperoleh faedah yang sama dari flavanol coklat. Tambah baik lagi bila mengkonsumsi coklat ikut diimbangi dengan berolahraga untuk hindari kepikunan.

coklat3