Mengubah buah utuh menjadi jus buah dan meminumnya adalah cara mudah dan praktis untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi dari buah. Namun jangan samakan efek kesehatannya dengan mengonsumsi buah secara langsung. Peneliti mengungkap bahwa makan buah utuh lebih menyehatkan dibandingkan minum buah yang dijus. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa makan buah secara langsung dan utuh bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2 hingga 26 persen. Sementara minum jus buah justru bisa meningkatkan risiko diabetes. Kalori yang dikonsumsi dalam bentuk cair seperti dari jus buah bisa menyebabkan peningkatan tajam pada gula darah dan insulin. Sementara itu, mengejus buah juga akan mengurangi kadar vitamin dan nutrisi di dalamnya.

“Mengejus buah memang sedang populer, namun jangan kira hal itu memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan makan buah secara utuh,” ungkap peneliti Julie Upton, MS, RD, seperti dilansir oleh Pop Sugar (16/01).

Selain itu, mengejus buah akan menghilangkan semua serat dalam buah-buahan. Padahal serat tersebut dibutuhkan oleh tubuh. Jus bisa memberikan manfaat kesehatan, namun juga bisa memicu kenaikan gula darah. Jangan konsumsi jus untuk berdiet karena jus tak akan membantu Anda kenyang lebih lama. Ada baiknya untuk mencoba mendapatkan nutrisi, vitamin, dan serat utuh dari makan buah-buahan tanpa mengejusnya.

juice2