Berbeda dengan perlengkapan bayi seperti baju yang harus dipersiapkan sebelum kelahiran bayi anda. Mainan bayi bisa anda persiapkan setelah kelahiran bayi anda, mengingat bayi yang baru lahir aktivitasnya lebih  banyak menghabiskan tidur dan menyesuaikan terhadap lingkungan barunya sehingga belum tertarik dalam beberapa mainan bayi. Meskipun mainan adalah alat pendukung perkembangan bayi, akan tetapi untuk sebagian permainan bayi adapula yang memiliki nilai edukasi sehingga bisa anda. Terapkan diusia bayi anda. Mainan bayi dibedakan sesuai dengan usia bayi sehingga permainan tersebut akan membantunya menyesuaikan dengan perkembangan motorik bayi anda. Mainan bayi dikategorikan dua jenis, mainan untuk bayi perempuan dan mainan untuk bayi laki-laki. Mainan bayi dirancang dengan warna yang ceria untuk dapat merespon otak kanan bayi anda. Selain itu permainan yang mengeluarkan musik akan merangsang kecerdasan bayi anda.

Permainan dengan warna yang mencolok dan menghasilkan bunyi akan merangsang otak, pendengaran dan otot bayi. Memilih permainan yang sesuai akan membantu bayi anda dalam menentukan jati diri pada masa selanjutnya, pilih permainan yang tepat dengan jenis kelamin bayi anda. Umumnya penelitian menunjukan permainan berpengaruh pada kepribadian anak anda, mungkin anda menemukan laki-laki yang terlalu feminim atau perempuan yang terlalu tomboy. Hal tersebut bisa jadi karena pemilihan permainan yang tidak tepat dengan jenis kelamin bayi anda. Permainan yang tidak diperuntukan untuk laki-laki atau perempuan biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan, seperti keinginan karena melihat saudaranya. Jika bayi anda sudah memilih permainan sendiri dan mengingankan permainan yang tidak sesuai jenis kelamin sebaiknya anda bijak untuk menjelaskannya.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan mainan bayi harus diperhatikan. Mengingat bayi sangat sensitif terhadap benda baru apalagi jika bersentuhan dengan kulit bayi anda. Begitupula jika bahannya terbuat dari plastik, cek kode plastik yang digunakan mainan tersebut. Banyak diantaranya anda memilih mainan berbahan kayu karena bahannya aman, meskipun demikian zat pewarna yang digunakan pun harus anda perhatikan apalagi jika warnanya memudar dan bayi memasukan ke dalam mulutnya. Bentuk dari permainan adalah perhatian anda selanjutnya, hindari bentuk yang runcing yang akan membuat bayi anda terluka. Begitu juga dengan bentuk yang kecil yang seluruhnya bisa masuk ke mulut bayi sehingga memerlukan pengawasan ekstra dari anda sebaiknya dihindari terlebih dahulu pada usia bayi anda dibawah satu tahun. Pilihlah mainan yang sesuai dengan umur bayi biasanya akan tercantum di kemasannya. Perkenalkan bayi anda dengan mainan yang dapat mengenalkannya dengan lingkungan dan sosialnya.

Bermain dengan teman sebayanya akan membantu bayi anda dalam beradaptasi dengan teman baru, bersosialisasi dan menghargai. Anda tetapi harus mengawasinya apalagi jika melibatkan beberapa benda mainannya ketika melakukan permainan dengan teman sebayanya. Walaupun demikian pada dasarnya bermain dengan menggunakan mainan bayi tidak perlu anda batasi, hal ini untuk bisa membantu merangsang perkembangan bayi anda terutama kecerdasan, ketangkasan dan kreafitasnya. Mainan bayi tidak perlu harus mahal akan tetapi anda perhatikan fungsi dari permainan tersebut. Beberapa mainan justru akan membuat bayi anda belajar dengan cara yang menyenangkan seperti puzzle, balok hitung dan lain-lain. Dengan demikian penting bagi anda untuk memperhatikan pilihan pada mainan bayi anda terlebih untuk usia bayi yang masih dalam fase oral (memasukan benda ke dalam mulutnya) sehingga dikhawatirkan ada beberapa zat kimia yang berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuhnya.

Mainan-Bayi

Trends Mebel Terbaik:

gambar mainan bayi, mainan bayi