Dibalik kenikatan minum kopi ternyata kopi baik untuk kesehatan kamu walaupun kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan kecemasan dan insomnia pada beberapa orang, namun kopi juga mengandung antioksidan yang lebih kuat daripada sumber lain inilah yang membuat kopi sangat baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa kopi memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan otak. Selama ini kopi seringkali menimbulkan kontroversi dalam hal kesehatan karena kafein yang terkandung di dalamnya. Namun peneliti menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dalam jumlah wajar bisa memberikan manfaat untuk otak, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut beberapa manfaat minum kopi untuk kesehatan :

  1. Meningkatkan fokus

Mengonsumsi kopi akan membuat kemampuan otak meningkat dalam waktu singkat. Meski hal ini hanya berlaku sementara, namun kopi bisa membantu Anda bekerja lebih fokus ketika dibutuhkan. Kopi juga memicu adrenalin yang membuat orang lebih berenergi dan bersemangat, serta membantu meningkatkan mood.

  1. Kopi dapat menurunkan resiko demensia (pikun)

Para ilmuwan masih belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan perubahan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Tetapi para ilmuwan belajar lebih banyak tentang faktor risiko demensia dan kebiasaan minum kopi hangat tampaknya dapat menurunkan risiko. Orang yang mengonsumsi 3-5 cangkir kopi sehari 65 persen lebih rendah untuk mengembangkan demensia. Para peneliti percaya sifat antioksidan dari kopi dapat bekerja untuk mengurangi bentuk demensia vaskular. Minum kopi sudah dikenal melindungi terhadap diabetes tipe 2, penyakit kronis yang meningkatkan risiko demensia. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, menggagalkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif. Ada juga kemungkinan bahwa peminum kopi hanya memiliki lebih banyak energi dan bergerak lebih. Peneliti menunjukkan bahwa olahraga juga merupakan pelindung terhadap demensia.

  1. Menjaga fungsi otak seumur hidup

Penelitian dari national Institute on Aging menemukan bahwa pria dan wanita berusia 70 tahun yang mengonsumsi kopi secara teratur memiliki fungsi mental dan otak yang lebih baik dibandingkan yang tidak minum kopi.

  1. Pelindung antioksidan

Radikal bebas adalah zat yang dapat menyebabkan kanker, diabetes dan mempercepat proses penuaan. Untungnya anda dapat melindungi diri anda dari radikal bebas dengan meminum antioksidan. Antioksidan dapat ditemukan di dalam makanan nabati ataupun minuman. Kopi adalah salah satunya karena kopi dianggap sebagai antioksidan yang cukup potensial.

  1. Perlindungan kanker

Kanker sering di hubungkan dengan kopi, namun pada saat sekarang dari hasil penelitian kesehatan membuktikan bahwa kopi dapat digunakan untuk melindungi diri anda dari kanker. Hal ini dikarenakan didalam kopi terkandung asam cafeid dan asam chlorogenic yang dapat menangkal kanker.

Kesimpulannya, meski kafein dalam kopi tak baik dikonsumsi berlebihan, namun mengonsumsi kopi dalam batas yang wajar bisa membantu Anda menjaga kesehatan otak. Namun pastikan bahwa kebiasaan minum kopi ini tak dibarengi dengan kebiasaan tak sehat seperti minum alkohol atau merokok. Selain itu, tetap jaga kesehatan dengan berolahraga, menjalani gaya hidup yang sehat dan menjaga pola makan.

Minum Kopi Bisa Lindungi Mata dari Kebutaan-2

Trends Mebel Terbaik:

sofa minum kopi