Menjadi tua memang proses alami yang tidak bisa ditolak oleh semua manusia. Begitu pula dengan Anda. Terkadang muncul beberapa ketakutan menjadi tua seperti datangnya berbagai macam penyakit, tidak bisa bergerak lagi secara aktif, hingga perubahan fisik. Hal terakhir inilah yang kemudian membuat banyak orang menolak untuk menjadi tua, apalagi dengan datangnya penuaan dini. Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan sebuah rahasia agar Anda terhindar dari penuaan dini dan selalu terlihat awet muda. Rahasia tersebut adalah dengan membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi.
“Diet rendah kalori mampu memperlambat proses penuaan dini dengan cara mempengaruhi gen tubuh. Kami menemukan bahwa diet kalori bermanfaat untuk mengaktifkan gen tubuh Anda yang berhubungan dengan cara kerja otak dalam melawan penuaan serta memperpanjang usia,” ujar Dr Stephen Ginsberg, seorang neuroscientist di New York University Langone Medical Centre yang memimpin penelitian ini. “Penelitian kami menunjukkan bagaimana pembatasan kalori yang dikonsumsi mampu meningkatkan tingkat ekspresi dan keaktifan gen mamalia.”
Dr Ginsberg pun menjelaskan bahwa mengurangi konsumsi kalori bukan berarti Anda mengurangi jumlah makanan. Namun Anda selektif dalam memilih makanan. Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang rendah kalori sehingga bisa Anda konsumsi sebanyak mungkin. Hasilnya selain terhindar dari penuaan dini, Anda juga bisa terhindar dari penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, hingga kanker.

1202374shutterstock-155116172780x390