Konsep Kesehatan Mental
Lebih mudah untuk mendefinisikan penyakit mental daripada kesehatan mental. Meskipun kita tidak selalu menderita penyakit mental yang dapat didiagnosa dengan jelas tetapi terbukti bahwa kesehatan mental seseorang berbeda dari yang lain. Beberapa dari kita secara mental lebih sehat daripada yang lain. Kesehatan mental adalah kombinasi dari faktor genetik, biologis, psikologis dan lingkungan. Suatu keadaan tidak adanya gangguan mental. Ini mencakup kemampuan individu untuk menikmati hidup dan mencapai keseimbangan antara aktivitas kehidupan dan usaha untuk mencapai kapasitas dalam menghadapi stres dan kemalangan dengan sangat tenang. Ini juga merupakan ungkapan emosi yang menandakan sebuah adaptasi sukses untuk berbagai tuntutan. Orang yang mentalnya sehat bisa bekerja secara produktif dan efektif bagi komunitas di mana ia tinggal.

Tidak ada definisi resmi yang diterima secara universal tentang kesehatan mental. Perbedaan budaya, penilaian subyektif, adat dan konvensi umum, kondisi masyarakat, politik, dan aspek sosial di mana ia tinggal adalah faktor-faktor penentu dalam menentukan hal kewarasan dari pikiran seseorang. Sehatnya mental seseorang dapat ditentukan dari karakteristik tertentu.

Pertama, kemampuan untuk menikmati hidup tanpa khawatir tentang masa depan atau memikirkan masa lalu merupakan suatu tanda pasti tentang kesehatan pikiran. Rahasia hidup adalah melihat berlalunya saat ini. Kadang-kadang orang membuat dirinya sendiri sengsara dengan memberikan perhatian terus-menerus terhadap apa yang tidak bisa disembuhkan atau tentang sesuatu yang tak dapat diprediksi. Hal ini buruk bagi kesehatan pikiran.

Kedua, kemampuan untuk menangani stres atau trauma dan bangkit kembali dari kesulitan menunjukkan kewarasan mental. Karakteristik daya tahan seperti ini dimiliki oleh mereka yang dapat menangani situasi stres dengan mudah.

Ketiga, kesehatan mental yang lebih besar merupakan hasil dari keseimbangan dalam hidup. Dalam kehidupan, kita selalu perlu menyeimbangkan sejumlah hal. Sebagai contoh, kita akan diperlakukan sebagai ‘penyendiri’ jika kita tidak bisa membuat keseimbangan antara waktu yang dihabiskan untuk sosial dan untuk sendiri. Juga kita perlu menyeimbangkan antara beberapa hal seperti bekerja dan bermain. Tidur dan terjaga, istirahat dan bergerak, waktu yang dihabiskan di dalam ruangan dan waktu yang dihabiskan di luar rumah.

Keempat, fleksibilitas emosional dan kognitif adalah tanda kekuatan mental. Beberapa orang memiliki pendapat yang sangat kaku dan tidak ada diskusi yang dapat mengubahnya. Orang-orang ini menderita stres bagi harapan kaku yang mereka pegang. Orang-orangnya yang sehat mental membuka perasaan dan emosi, bukan menutup diri ke dalam ruang gelap alam pikiran.

Kelima, kita semua memiliki bakat alami atau kemampuan batin. Beberapa menggunakan potensinya dan yang lain tampaknya merusaknya. Orang yang sehat mental sedang dalam proses aktualisasi potensi diri mereka.

Keenam, fokus pada topik yang mencemaskan dan mendiskusikannya dengan orang lain adalah tanda kesehatan mental. Dekonstruksi dari kekhawatiran yang mengganggu Anda terus-menerus membuahkan kesehatan yang baik bagi pikiran.

Ini adalah hanya beberapa konsep yang penting untuk mencapai kesehatan mental. Pada kenyataannya untuk mencapai kesehatan pikiran yang menyeluruh orang harus bebas, fleksibel, berpikiran terbuka, positif, energik dan yang terpenting optimistis. Penyakit mental tidak selalu jelas terlihat. Kadang-kadang tidak terdeteksi. Kesehatan mental adalah jumlah total dari faktor yang berbeda secara bersama-sama. Orang yang bermental sehat berkontribusi banyak untuk masyarakat. Tidak ada definisi resmi mengenai kesehatan mental namun dapat diasumsikan. Aspek sosial yang berbeda, adat budaya dll, mempengaruhi kesehatan mental. Masyarakat yang berbeda melahirkan orang-orang yang berbeda. Mereka berbeda dalam mentalitas, suasana hati dan temperamen. Tetapi beberapa karakteristik umum yang ada menjadi pegangan untuk mempertimbangkan kesehatan mental seseorang. Dengan karakteristik tersebut seseorang dapat dinilai memiliki mental yang seimbang.

Anda juga dapat dapat menyimak artikel tentang cara diet
sehat yang dibahas oleh penulis dengan mengunjungi situs: http://caradietpro.blogspot.com.