Selain pepaya, pisang merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Teksturnya yang unik ditambah dengan rasa yang manis legit membuatnya dia disukai banyak orang. Pisang adalah jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Kita dapat menemukan hampir di seluruh pulau Inodesia. Hampir semua bagian dari pisang dapat dikonsumsi, selain buahnya kita pasti juga sudah mengenal jantung pisang, yang biasanya dijadikan masakan. bahkan di daerah papua batang pisang juga bisa diolah jadi makanan. Tak lupa juga daun pisang sering dijadikan pengemas makanan tradisional.  Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari makan pisang. Berikut beberapa khasiat buah pisang untuk kesehatan :

  1. Memberikan suntikan energi

Tahukah Anda bahwa pisang merupakan buah yang umum dikonsumsi oleh atlet? Sebab pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.

  1. Sebagai antasida alami

Antasida alami sangat penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika Anda menderita sakit maag, perbanyaklah mengonsumsi pisang.

  1. Menyediakan Elektrolit

Jika Anda sedang menderita diare, konsumsilah pisang. Pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan kehilangan elektrolit karena diare.

  1. Menyehatkan pencernaan

Pisang merupakan buah super sehat untuk pencernaan. Pisang mampu Mereka merangsang fungsi bakteri sehat dan memastikan gerakan usus yang sehat. Kandungan serat di dalamnya juga baik untuk membersihkan pencernaan.

  1. Meningkatkan gairah seksual

Tidak banyak yang tahu bahwa makan pisang mampu meningkatkan gairah seksual. Sebab pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim ini membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan bagi pria.

  1. Mengatasi depresi

Jika Anda sedang menderita stres dan depresi, cobalah untuk makan pisang. Pisang kaya akan mangan yang mampu merangsang pertumbuhan hormon baik di otak yang akan membuat Anda merasa lebih baik.

  1. Melindungi jantung

Penelitian kesehatan terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur bisa melindungi tubuh Anda dari serangan jantung dan stroke. Sebab pisang rendah akan garam namun tinggi kalium sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan membuat jantung jadi lebih sehat.

  1. Kaya antioksidan

Pisang kaya akan zat antioksidan sehingga dapat menghilangkan efek radikal bebas dalam tubuh. Hal ini juga berarti bahwa pisang mampu mencegah kanker.

Pisang merupakan buah yang ideal untuk Anda jadikan sebagai menu sarapan. Sebab pisang juga kaya akan potasium yang bisa membuat Anda lebih berenergi di pagi hari. Jadi, jangan ragu untuk mulai mengonsumsi pisang dari sekarang.

banana