Biasanya kertas koran habis dipakai kita buang, tapi kita bisa memanfaatkan kertas koran bekas menjadi barang yang bernilai seni. Disini saya akan membuat bagaimana kertas koran menjadi kertas daur ulang. Berikut tahap-tahapan dalam membuat kertas daur ular dari koran bekas adalah :

Alat dan bahan yang digunakan :

·         Kertas koran bekas

·         Lem kayu putih

·         Pewarna tekstil

·         Gunting

·         Blender

·         Ember untuk merendam

·         Ember lebar

·         Frame saringan biasa untuk sablon (untuk tahap percobaan, bisa juga menggunakan saringan santan atau tampi beras – anyaman bambu)

·         Pengering (kipas angin)

Cara pembuatan kertas daur ulang dari kertas bekas adalah :

1.   Ambil kertas koran kemudian gunting menjadi kecil-kecil

2.   Rendam guntingan kertas tadi dalam ember perendam (1-2 malam)

3.   Setelah 1-2 malam, angkat rendaman kertas kemudian blender sampai halus

4.   Setelah halus, beri pewarna tekstil (wantex) pada hasil blenderan kertas ini. Agar warna lebih tahan lama, Anda juga dapat merebus hasil blenderan kertas dengan pewarna, sampai matang.

5.   Angkat rebusan kertas, dinginkan. Setelah dingin, campur kertas dengan lem kayu. Pemberian lem jangan terlalu banyak pastikan agar cukup untuk mengikat serat-serat kertas.

6.   Kemudian, masukkan adonan dalam ember lebar  kemudian campur adonan kertas lem dengan air (dengan perbandingan 1:10) atau jika ingin lebih tipis, cukup tambahkan air.

7.   Masukkan saringan ke dalam ember, usahakan saringan masuk seluruhnya ke ember, agar bubur kertas dapat menempel dengan rata di saringan.

8.   Angkat saringan dengan hati-hati. Kemudian angkat bubur kertas dari saringan dan tempelkan hasil saringan bubur kertas itu pada frame pengering dengan hati-hati (posisikan bubur kertas di tengah frame)

9.   Tekan bubur kertas dengan hati-hati sampai kering (kadar airnya berkurang). Penekanan ini dapat dilakukan dengan karet dari sandal bekas atau gabus empuk.

10.                Setelah airnya berkurang,  lepaskan lembaran bubur kertas dan jemur atau dikeringkan dengan bantuan kipas (bisa juga setelah setengah kering lalu di setrika

Setelah mengamali proses daur ulang dari kertas koran bekas menjadi kertas baru. Maka, kertas daur ulang siap dijadikan aneka kerajinan tangan, sesuai kreasi Anda.

Selamat untuk mencoba ya…

Kertas daur ulang

Trends Mebel Terbaik:

furniture dan kerajinan dari kertas koran, Lemari dari koran bekas, lemari dari koran, kursi dari koran, lemari dari kertas, membuat lemari dari koran, membuat meja dari bubur kertas, jual koran bekas daerah Jepara, lemari koran, mebel kursi dari koran bekas, tempat menjual kerajinan dari bubur kertas di palembang, macam macam kertas buat menganyam, mebel dr bubur kertas, tempat cermin dari bubur kertas, meja dari bekas koran, meja dari kertas, meja dari kertas daur ulang, penggunaan koran bekas di jepara, membuat kursi dari kertas sederhana, membuat kursi dari koran, meja dari koran bekas, bikin kursi dari koran bekas, daur ulang sampah kertas jadi lemari, furniture dari kertas, furniture dari kertas bekas, furniture sederhanadari bubur kertas, jual furniture dari kertas bekas, jual kertas bekas di kota jambi, Jual koran bekas desain kamar, kerajinan kursi dari kertas bekas, kerajinan kursi dari koran, kerajinan tangan lemari dari koran, kreasi dari saringan santan bekas, kursi bekas dari koran, kursi dari koran bekas, kursi daribubur kertas