Menjaga agar gigi selalu sehat adalah dengan menyikatnya setiap hari. Kebiasaan menggosok gigi seringkali dianggap remeh dan diabaikan. Padahal, ini adalah salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan gigi kita dan mencegah terkena sakit gigi. Sayangnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa kebiasaan Anda yang ternyata salah dan berakibat buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut. Menyikat gigi setiap hari belumlah cukup untuk melindungi gigi jika Anda masih melakukan beberapa kesalahan kecil seperti dibawah ini.

 Berikut Beberapa kebiasaan yang bisa merusak gigi adalah :

·         Menggosok Gigi terlalu keras

Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras, ditambah lagi dengan tekanan yang terlalu kuat saat menggosok gigi, bisa menghilangkan enamel pelindung gigi secara permanen. Hal inilah yang memicu gigi sensitif dan lubang gigi, sertanya menyebabkan gusi mundur (menipis). Lebih baik, gunakan sikat gigi dengan bulu halus, lalu gosok gigi dengan gerakan memutar selama 2 menit, sedikitnya dua kali sehari. Sikat gigi dengan kepala yang ramping dapat bergerak dengan mudah di dalam mulut yang kecil, sedangkan gagang sikat yang panjang lebih mampu menjangkau geraham belakang daripada yang pendek. 

·         Mengunyah Es batu

Karena terbuat dari air dan bebas gula, kita pasti berpikir es batu itu aman adanya. Padahal tidak. Mengunyah es batu yang beku dan keras dapat membuat gigi retak, bahkan memicu sakit gigi. Jika Anda ingin mengunyah sesuatu, pilih permen karet bebas gula.

·         Membuka Kemasan tutup botol dengan gigi

Punya kebiasaan membuka tutup botol atau kemasan plastik dengan gigi? Hentikan mulai sekarang! Menggunakan gigi sebagai alat pembuka dapat menyebabkan gigi retak. Pada dasarnya gigi hanya digunakan untuk makan, bukan untuk tugas lain.

·         Merokok dan Minum Alkohol

Seiring dengan semua bahaya yang ditawarkan olehnya, merokok juga menjadi salah satu penyebab masalah untuk gigi. Produk tembakau dan minum terlalu banyak alkohol adalah kebiasaan buruk  yang mempengaruhi kesehatan mulut secara keseluruhan.

·         Minum Kopi

Warna gelap dan keasaman kopi membuat gigi menguning. Untungnya, noda yang satu ini sangat mudah dihilangkan berkat pemutih gigi. Sebelum melakukan pemutihan gigi, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi.

·         Minuman Soda

Minuman berkarbonasi, alias minuman bersoda (tak peduli versi yang “diet” sekalipun) mengandung asam fosforik, yang lama-kelamaan dapat mengikis gigi. Jika Anda biasa menikmati minuman ini, gunakan sedotan untuk meminimalisasi kontak langsung cairan tersebut dengan gigi. Jangan lupa gosok gigi sesudahnya.

 Kebiasaan yang merusak gigi