Sebagian bayi memang tidak memiliki karakter tenang dan kalem. Diantara karakter unik bayi  lainnya adalah Hiperaktif. Bayi yang hiperaktif seakan memiliki otot-otot yang siap ‘meledak’ jika tidak digunakan. Biasanya, bayi yang kalem dan kebanyakan bayi akan sangat senang jika dipangku, dipeluk hingga tertidur, digendong menggunakan kain gendongan, diajak berkeliling menggunakan kereta bayi, dibungkus oleh selimut, dan sebagainya. Sebagian besar bayi akan merasa nyaman dan terdiam tenang dengan berbagai perlakuan tersebut.

Hanya bayi hiperaktif yang tidak demikian! Ketika digendong, ia akan melengkungkan punggungnya ibarat ingin melakukan kayang. Menyusuinya pun bukan pekerjaan yang mudah, karena ia tidak mau diam, bahkan memilih bergelantungan dengan kepala ke bawah. Digendong menggunakan kain gendongan? Dijamin ia akan meronta-ronta tidak betah. Ini merupakan sebagian tanda-tanda bahwa bayi Anda berkarakter hiperaktif.

Hiperaktif Bukanlah Penyakit

Jika Anda memiliki bayi yang hiperaktif, maka pertama-tama adalah Anda harus belajar menghargainya dan berusahalah untuk memahami bahwa hiperaktif bukanlah suatu penyakit. Ia bukanlah sesuatu yang negatif. Hiperaktif hanya merupakan istilah untuk menggambarkan karakter si kecil, dan ini bukanlah sesuatu yang harus membuat Anda malu.

Istilah hiperaktif pun sebenarnya relatif. Jika ada seorang anak yang aktif dan berkumpul bersama anak-anak yang pendiam, maka anak tersebut bisa tampil sebagai anak yang hiperaktif. Begitu pula, anak yang terbiasa main dengan tenang di rumahnya, bisa menjadi sangat aktif dan bersemangat ketika ia bermain di taman bersama anak-anak seusianya.

Bayi yang hiperaktif normalnya akan tumbuh menjadi anak dengan karakter yang hiperaktif juga. Memang otot-otot mereka sepertinya sudah dalam kondisi tidak bisa diam dan memiliki banyak energi yang harus dikeluarkan. Arahkan mereka kepada aktifitas yang bisa menggali potensi ini, sehingga mereka bisa menonjol di bidang yang anak lain tidak bisa menguasainya dengan baik.

tips-menjaga-balita-hiperaktif-635x318