Dalam memilih kitchen set minimalis yang indah, praktis serta aman , hal hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Estetika, meliputi segitiga kerja ( work triangle) , konfigurasi / tata letak komponen- komponen pendukung serta aksesibilitas dengan ruangan  lainnya

2. Keamanan, meliputi kemudahan penanganan apabila terjadi kecelakaan seperti kebakaran dalam memasak konstruksi kitchen set yang stabil terhadap berbagai beban yang mempengaruhinya maupun peralatan yang sulit dijangkau untuk anak kecil

Pada umumnya, kedua faktor ini tidak berjalan beriringan, beberapa perusahaan / desainer hanya mengutamakan estetika saja , padahal kedua hal ini dapat berjalan beriringan tanpa saling menghilangkan fungsi keduanya.

1. Dalam hal estetika,  umumnya diketahui ada tiga titik utama dari dapur yakni: cleanup, cooking, dan mixing.

cleanup atau tempat untuk membersihkan perabotan dan bahan masakan  meliputi, mesin cuci piring , tempat untuk piring kotor, kran, tempat sabun, dllCooking center meliputi kompor, serta tempat sementara untuk makanan panas. Kabinet untuk meletakkan bumbu, panci, penggorengan, diletakan tidak jauh dari kompor.

Cooking center meliputi kompor, serta tempat sementara untuk makanan panas. Kabinet untuk meletakkan bumbu, panci, penggorengan, diletakan berdekatan dari kompor untuk mempermudah kegiatan memasak.

Mixing , atau tempat mengolah bahan bahan masakan yang meliputi pisau , talenan , centong ,  sendok maupun alat lainnya

Layout dapur seharusnya memperhitungkan vektor pergerakan kerja  antara tempat cuci dengan tempat pengolahan bahan makanan serta kompor . Itu sebabnya vektor pergerakan ini sering  disebut segitiga kerja. Kunci dari pemikiran ini adalah apabila  tiga hal ini berjarak berjauhan, pekerja dapur akan bekerja lebih keras karena banyak pergerakan yang mubazir. Sebaliknya apabila terlalu dekat, akan terjadi sentralisasi pekerjaan dalam satu titik.

2. Dalam hal keamanan, variabel-variabel yang sering diperhitungkan yaitu : konfigurasi konstruksi bahan, bolt connectivity, fire safety,

konfigurasi konstruksi bahan patut diperhitungkan untuk mencegah lemari kitchen set minimalis mengalami overload , bentuk konstruksi harus dirancang kuat terhadap beban yang bekerja pada sistem tersebut.

Bolt Connectivity menjadi salah satu variabel yang diperhitungkan untuk menentukan tingkat kekuatan struktur lemari bagian atas maupun yang lainnya terhadap beban yang mempengaruhi sistem tersebut.

fire safety , hal yang pasti ada dalam dapur adalah kompor dan tabung gas ( terutama setelah terjadinya konversi energi minyak tanah ke tabung gas) sehingga teknik keselamatan kebakaran pada kitchen set minimalis menjadi suatu hal yang tidak bisa ditawar seperti letak kompor yang berdekatan dengan jendela ataupun cerobong. tempat penyimapanan gas yang aman serta mudah dilakukan evakuasi apabila terjadi permasalahan pada tabung gas.

Kitchen Set Jati Minimalis Murah 650x406 Jepara Kitchen Set Minimalis

Kitchen Set Jati Jepara 650x406 Jepara Kitchen Set Minimalis

Jepara Kitchen Set Minimalis

Jepara Modern Teak Kitchen Set 300x179 Jepara Kitchen Set Minimalis

Jepara Modern Furniture – Kitchen Set Jati Minimalis

Mebel Trends dan Populer :

kitchen set minimalis, kitchen set minimalis modern, kitchen set kayu jati, harga kitchen set minimalis murah, harga kitchen set jati, harga kitchen set minimalis, perabotan minimalis, harga kitchen set, kitchen set jati jepara, kitchen set murah, kitchen set Jati, lemari dapur minimalis, dapur minimalis murah, gambar kitchen set, dapur minimalis, model kitchen set minimalis, harga kitchen set kayu jati, dapur minimalis modern, dapur minimalis sederhana, kitchen set minimalis kayu jati, kitchen set minimalis murah, dapur sederhana, lemari dapur gantung, kitchen set sederhana, jepara minimalis, model kitchen set terbaru, kitchen set jati minimalis