Tidur siang bisa memberikan manfaat kesehatan yang besar jika dilakukan dengan benar dan dengan kuantitas waktu yang cukup. Dan ternyata, seperti yang dilangsir, ternyata tidur siang itu ternyata bisa dibagi menjadi tiga. Masing-masing dibedakan berdasarkan kuantitas atau waktu tidur siang dan manfaat yang didapat. Untuk tahu lebih lanjut, langsung saja intip penjelasannya di bawah ini.

  1. 15 menit

Sara Mednick, PhD, penulis Take a Nap! Change Your Life menjelaskan bahwa tidur siang power nap ini sangat bagus untuk meningkatkan memori atau daya ingat. Dalam waktu 15 menit ini, Anda bisa mencapai tidur di level dua. Agar bisa tidur lebih cepat, lemaskan otot-otot Anda mulai dari melemaskan otot kaki hingga ke tubuh bagian atas.

  1. 30 menit

Tidur siang paling tepat dilakukan setelah enam jam terjaga. Setelah enam jam setelah bangun tidur pagi, ritme sirkadian kita akan berubah dan muncul rasa mengantuk. Tidur dalam waktu 30 menit akan membuat Anda mencapai tidur di level dua. Robert Stickgold, PhD, profesor madya psikiatri di Harvard Medical School mengungkapkan bahwa kita biasanya akan tidur lelap setelah setengah jam pertama. Dengan bangun setelah tidur selama 30 menit, kita bisa menghilangkan rasa pening atau pusing yang kita alami.

  1. 90 menit

Tidur selama 90 menit ini bisa membuat Anda mendapatkan siklus tidur yang penuh atau sempurna. Penelitian menunjukkan bahwa bangun tidur setelah 90 menit tidur bisa memberikan manfaat kognitif dan juga rasa segar yang sama seperti ketika kita bangun dari tidur di pagi hari.

Anda bisa memilih waktu tidur siang sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang ingin Anda dapatkan. Bisa istirahat cukup dapat menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga produktivitas kerja dan kesehatan tubuh.

tdr