Sekilas Tentang Jati Emas

Golden Teak atau yang lebih dikenal sebagai Jati Emas akhir – akhir ini makin banyak dibicarakan berbagai masyarakat perhutanan maupun masyarakat perkayuan bahkan pada lapisan masyarakat yang masih awam di bidang perkayuan sekalipun. Jati Emas merupakan hasil penelitian serta pengembangan secara intensif yang berkesinambungan selama beberapa puluh tahun di Thailand. Thailand dikenal reputasinya sebagai penghasil kayu nomor satu di dunia, padahal wilayah Thailand sendiri tidaklah sepotensial di Indonesia untuk menumbuhkan kayu jati tetapi karena masyarakat perkayuan di Thailand mengembangkan kayu jati secara intensif disertai penelitian dan pengembangan yang professional maka jadilah Negara Thailand sebagai penghasil kayu jati nomor satu di dunia. Namun, sesungguhnya Indonesia lebih memiliki kondisi tanah dan cuaca yang lebih baik untuk mengembangkan jati. Sehingga, jika industri perkayuan ini dikelola dengan baik maka bukan tidak mungkin Indonesia akan mampu mengungguli Thailand.

 

Keunggulan Jati Emas

Jati Emas memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kayu jati lokal. Selain daya tumbuhnya cepat, tingkat kelurusannya yang tinggi, juga warna yang kuning keemasan dengan seratnya yang lurus sangat disukai konsumen luar negeri. Dengan percepatan tumbuh rata-rata 20 cm per 10 hari praktis memperpendek masa permanen dari jati local yang umumnya 40 tahun menjadi 5 – 15 tahun saja. Sehingga Jati Emas dikenal sebagai tanaman jenis keras yang berumur pendek. Mutu Jati Emas sendiri diklasifikasikan sebagai kayu jati kelas ringan dengan kepadatan 700 kg/m. Tekstur kayu yang lurus akan memudahkan dengan pengerjaan mesinal, mempercepat waktu dan tenaga sehingga nilai ekonomisnya dapat kita peroleh semaksimal mungkin. Hal ini dapat kita lihat dalam pengerjaan Parquet Floorit, Veerner Kusen dan daun pintu. Warna Jati Emas juga menjadi trend setter dalam tradisi warna furniture, di Amerika, Eropa dan Jepang yang menjadi tujuan ekspor di masa mendatang.

 

Spesifikasi Jati Emas

Jati Emas memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Self Pruning, merontokkan daun sendiri.
  • Tumbuhan lurus, cenderung tidak bercabang.
  • Kecepatan tumbuh 4 kali lebih cepat dari jati lokal.
  • Laju pertumbuhan tinggi.
  • Pada tanaman dewasa tahan terhadap busuk akar dan pangkal batang serta serangan rayap.
  • Daun relatif membulat dibandingkan jati lokal.
  • Ekologi tumbuh :
  • Ketinggian tempat : 10 – 900 m di atas permukaan laut
  • Curah hujan : 1250 – 3000 mm/tahun.
  • Kisaran suhu : 10C – 40C
  • Kondisi tanah : liat berpasir, tanah merah, tanah berkapur dan berdrainase baik. Pertumbuhannya kurang maksimal pada tanah gambut, rawa atau sawah.
  • Kemiringan maksimal 20.
  • PH  4,5 – 7,5.

Furniture Dari Jati Emas

Bandung Meja Rias Classic - Furniture Jati Emas Jepara

Bandung Meja Rias Classic - Furniture Jati Emas Jepara

Trends Mebel Terbaik:

perabot jati, perabot jati murah, jati mas, harga perabot jati, pembeli kayu jati emas, furniture jati di bandung, jati emas, gambar perabot, perabot jati mas, kayu jati mas, kayu jati emas, jati ambon, perabot jati emas, pembeli kayu jati, harga kayu jati emas, pohon jati emas, beli jati emas, harga jati emas, penerima kayu jati, pembeli kayu jati besar, kelas jati emas, kayu jati mas#spf=1499790806738, jual pohon jati emas, jati mas untuk meubel, Jati Mas PT Kabupaten Jepara Jawa Tengah, harga/ kayu jati emas, dimana tempat menjual jati kuning, buyer jati mas di bandung, tengkulak pohon jati emas