Mengkonsumsi wortel mentah memang baik untuk mata. Namun, percaya atau tidak, terdapat beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi mentah-mentah. Meskipun memang makanan ini penuh dengan nutrisi dan protein terbaik. Panggang, rebus, atau goreng terlebih dahulu makanan ini. Sebab, selain memiliki kandungan beracun, parasit dan bakteri yang terdapat di dalamnya bisa merusak sistem pencernaan Anda. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan mentah adalah :

  1. Daging ayam

Daging ayam perlu dimasak setidaknya hingga 75 derajat Celcius agar bakteri di dalam bisa hancur.

  1. Terong

Terong mengandung senyawa yang disebut solanin. Solanin bisa menyebabkan muntah, kram perut, pusing, dan diare.

  1. Kentang

Warna hijau pada kentang bisa mengindikasikan jumlah solanin yang tinggi dan racun chaconine yang bisa merenggut nyawa. Kentang berwarna hijau tak boleh dimakan mentah, sebaiknya hindari makan kentang yang memiliki warna hijau.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-Kacangan seperti buncis mengandung glikosida sianogen yang merupakan asam amino beracun. Untuk menghilangkan racun, rendam dan giling kacang sebelum dikonsumsi.

  1. Kacang merah

Jangan coba-coba untuk makan mentah kacang merah karena racun alami bernama lektin akan membuat seseorang mengalami rasa mual selama berjam-jam.

Itulah beberapa makanan yang harus sebaiknya tidak dimakan mentah.

berbahaya-jangan-mencuci-daging-ayam-mentah-alodokter1