Melakukan olahraga secara rutin memang suatu hal yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tetapi berapa lama pun waktu dan berapa banyak tenaga yang kamu habiskan untuk berolahraga, kamu tidak akan memperoleh hasilnya, jika kamu masih melakukan kesalahan setelah berolahraga. Mungkin anda merasa bingung apa sih yang seharusnya dilakukan setelah berolahraga. Banyak orang yang langsung menyegarkan diri, mandi, atau langsung melakukan kegiatan lainnya, setelah berolahraga. Padahal itu bukanlah hal-hal yang tepat untuk melakukan setelah berolahraga. Apa yang kita lakukan dalam kurun waktu beberapa menit setelah berolahraga itu sangat mempengaruhi tingkat stress, kekuatan tubuh, ketahanan tubuh, dan kondisi pikiran kita sisa hari tersebut. Supaya bisa menghasilkan hasil yang maksimal dari olahraga anda, Anda sebaiknya melakukan hal ini setelah berolahraga,

Berikut apa yang kita lakukan stelah berolahraga :

  1. Melakukan Pendinginan

Setelah melakukan olahraga, jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Tujuan dari pendinginan ini adalah untuk melemaskan otot sekaligus menurunkan detak jantung dan mengurangi peradangan. Selain itu, pendinginan ini juga bisa membantu anda untuk menghindari rasa kelelahan atau capek yang berlebihan setelah berolahraga.

  1. Merilekskan diri

Setelah melakukan pendinginan, rilekskan tubuh Anda sebelum melakukan aktivitas lainnya. Duduklah, tenangkan diri, dan rilekskan tubuh Anda selama 15-20 menit sebelum melakukan aktivitas yang berikutnya. Langsung melakukan kegiatan atau aktivitas lainnya setelah berolahraga bisa membuat suasana hati Anda memburuk dan membuat Anda makin merasa kelelahan. Jadi rilekskan tubuh Anda selama beberapa menit sebelum melakukan aktivitas lainnya.

  1. Minum Air yang cukup

Setelah berolahraga pastikan tubuh selalu terhidrasi. Wajar jika anda setelah berolahraga serasa sangat haus. Minumlah air yang cukup setelah berolahraga untuk menghindari pusing, kram anggota tubul, dan mual.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Saat olahraga, tubuh kita akan menggunakan energi yang tersedia, menggunakan cadangan karbohidrat, dan membuat otot tubuh bekerja keras. Tanpa mengisi ulang tubuh dengan makanan yang tepat (protein dan karbohidrat), tubuh kita bisa rusak. Sebagian besar ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat dalam kurun waktu 90 menit setelah olahraga. Tubuh memerlukan energi baru untuk melakukan aktivitas berikutnya. Namun, Anda juga perlu memperhatikan asupan kalori dan jenis lemak yang Anda konsumsi ya. Tentu saja, pilih makanan sehat, sehingga latihan/olahraga yang Anda lakukan barusan tidak sia-sia.

Nah, saatnya untuk mengambil manfaat besar dari olahraga dengan melakukan hal-hal yang tepat setelah berolahraga.

Kadar-Kolesterol

Trends Mebel Terbaik:

berapa lama sebaiknya melakukan pendinginan