Ada banyak faktor yang bisa meyebabkan susah tidur sehingga akibatnya pun beragam, yang pastinya susah tidur ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi banyak kafein, bisa menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya tidur Anda di malam hari. Selain kafein, ada berbagai faktor lain yang bisa mempengaruhi pola tidur Anda. Orang yang susah tidur pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Penyebab dari susah tidur itu apa…..?

Berikut beberapa faktor yang membuat susah tidur adalah :

·         Stres

Insomnia adalah suatu gejala dan penyebab depresi serta kecemasan. Hal ini terjadi karena otak menggunakan neurotransmitter yang sama saat tidur dan juga suasana hati. Situasi yang membuat stres seperti masalah keuangan atau rumah tangga seringkali menjadi penyebab insomnia yang bisa menjadi masalah kurangnya waktu tidur dalam jangka waktu lama.

·         Sakit

Dalam satu studi terungkap bahwa dari sekitar 15 persen orang yang menderita penyakit kronis, setidaknya dua per tiga dari mereka dilaporkan mengalami kesulitan tidur. Sakit punggung, sakit kepala, dan masalah pada persendian menjadi penyebab utama sulit tidur.

·         Obat-obatan

Obat, yang bebas atau dengan resep dokter, bisa mengganggu pola tidur. Terlebihbila Anda mengonsumsinya menjelang waktu tidur atau dosisnya berlebihan.

·         Jet Lag

Tubuh dan otak Anda sudah terbiasa dengan jam internal, tidur di malam hari dan bangun di waktu pagi. Tubuh hanya bisa bertahan tiga hari ketika harus menyesuaikan diri dengan zona waktu yang lain. Dan jika Anda terbang terlalu sering ke negara yang memiliki zona waktu berbeda dengan negara asal, maka jet lag bisa menyebabkan masalah tidur kronis.

·         Perubahan Hormon

Menstruasi, menopause, dan kehamilan merupakan sumber utama masalah tidurpada perempuan. Ruam panas, masalah payudara, atau sering buang air kecil jugamengganggu pola tidur teratur.

·         Perubahan Jam Kerja

Jam kerja yang berlawanan dengan jam tidur normal. Orang yang kerap berpindah jam kerja mengalami penurunan level serotonin, hormon dan saraf pengirim yang terdapat dalam sistem saraf pusat yang membantu mengatur tidur.

Faktor yang membuat susah tidur