Kelahiran bayi merupakan saat yang paling dinantikan oleh ibu maupun keluarga besarnya, mereka cenderung tidak sabar untuk segera mendengar tangisannya yang keras, menatap wajahnya, dan mengamati setiap detil tubuh bayi yang mungil. Tahukah Anda, bayi baru lahir mengalami beberapa hal yang biasanya membuat orang tuanya cemas dan gelisah, padahal keadaan tersebut terjadi hanyalah sementara dan umum terjadi pada bayi. Nah, agar para orang tua bisa tenang dalam menerima hal-hal yang menyertai bayinya, maka ada baiknya jika mereka mengetahui fakta unik bayi baru lahir. Dengan mengetahui fakta unik bayi baru lahir, maka para orang tua akan terhindar dari prasangka atau pikiran negatif tentang hal-hal unik dan kondisi yang sering dilihat pada bayi baru lahir. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang tua pasti membayangkan kesempurnaan fisik maupun psikis pada bayi yang baru dilahirkannya. Nah, untuk mengurangi rasa khawatir dan kecemasan para orang tua tentang keadaan bayinya, maka perhatikan satu persatu perubahan normal akibat proses persalinan bayi berikut ini :

  1. Mungkin Anda terkejut saat menyaksikan bayi baru lahir yang memiliki kulit keriput dan bukan montok dan mulus seperti yang Anda bayangkan. Hal itu adalah normal karena organ tubuhnya yang berupa kulit belum berfungsi sempurna. Lama kelamaan kulit pelindung akan mengelupas dengan sendirinya dan berubah menjadi mulus dan segar.
  2. Bayi lebih banyak tidur, yakni 18 hingga 22 jam sehari karena memang itulah waktu tidur bayi baru lahir.
  3. Anda jangan cemas apabila bayi Anda suka tidur siang hari dan terjaga pada malam hari karena hal itu adalah normal. Yang perlu Anda lakukan adalah mengatur pola tidur bayi agar ia bisa memiliki jam tidur yang normal.
  4. Jangan cemas apabila berat badan bayi akan turun 5-10% dari berat lahir karena bayi mengeluarkan sejumlah cairan serta kotoran pertamanya (mekonium). Pada minggu kedua, biasanya berat badan bayi akan naik sesuai dengan pertambahan usianya.
  5. Anda pasti cemas saat mendapati tangan dan kaki bayi yang teraba dingin. Kondisi tersebut bukan karena bayi sedang kedinginan, asalkan daerah dada maupun perut terasa hangat saat diraba dan permukaan kulitnya tidak berwarna kebiru-biruan. Itu merupakan hal yang normal, karena aliran darah dalam tubuh bayi sedang berkonsentrasi untuk beberapa organ tubuh yang lebih vital, seperti otak, jantung, dan paru-paru. Setelah itu, barulah menuju ke bagian tubuh yang lain, seperti tangan dan kaki. Nah, untuk membantu menghangatkannya, Anda bisa memakaikan kaus kaki dan tangan, maupun menyelimuti tubuh bayi.
  6. Bayi suka dibelai. Sentuhan lembut, ciuman hangat, pelukan, dan belaian Anda merupakan hal yang disukai bayi dan membuatnya merasa nyaman.
  7. Kepala bayi lahir normal lebih lonjong. Jangan kawatir karena tulang tengkorak di ubun-ubun belum menyatu, biarkan saja karena perlahan-lahan akan kembali ke bentuk normalnya.
  8. Kaki bayi menekuk karena ia mengikuti posisinya ketika didalam rahim dan lama-kelamaan akan berubah menjadi lurus.

Semoga informasi tentang fakta unik bayi baru lahir di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

fakta unik tentang bayi