Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat familiar dengan kita. Menurut Dr. Jorge Rodriguez dalam bukunya The Diabetes Solution, pengertian mudah diabetes adalah saat tubuh tidak bisa menyerap karbohidrat yang kita makan. Alih-alih menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi, mereka justru hanya “mengambang” di sekitar darah. Untuk menghindari atau bahkan mengobati diabetes, terlebih dahulu harus diketahui apa saja fakta seputar diabetes. Sebab, tanpa informasi yang memadai, tidak akan ada solusi yang memadai. Berikut beberapa fakta diabetes yang anda harus ketahui dikutip dari laman resmi badan kesehatan dunia, World Health Organization.

  1. Sekitar 347 orang mengidap penyakit diabetes

Jumlah tersebut adalah data terbaru per November 2014. Peningkatan penderita diabetes dapat ditelusuri kembali dengan melihat peningkatan pesat kelebihan berat badan dan kurangnya aktivitas fisik.

  1. Diabetes diprediksi menjadi 7 penyebab utama kematian di dunia pada tahun 2030

Pada tahun 2012, estimasi kematian akibat diabetes berjumlah 1,5 juta. Jumlah kematian akibat diabetes diproyeksikan meningkat lebih dari 50 persen dalam 10 tahun ke depan.

  1. Ada dua tipe diabetes utama

Pertama, diabetes tipe 1. Dalam tipe ini, diabetes disebabkan karena seseorang kurang memproduksi insulin dalam tubuhnya. Insulin sendiri adalah protein yang diperlukan untuk menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar dan juga untuk mengontrol kadar gula.

Sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan karena penggunaan insulin yang tidak efektif dalam tubuh. Sebagian besar diabetes ini adalah implikasi dari kelebihan berat badan dan kurangnyaaktivitas fisik.

  1. Gestational diabetes, diabetes tipe 3

Gestational diabetes ditandai dengan hyperglycaemia, atau naiknya gula darah dengan nilai di atas normal pada ibu hamil. Diabetes ini meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan dan melahirkan. Perempuan yang terkena diabetes tipe ini juga berisiko terkena diabetes tipe 2 di masa datang.

  1. Diabetes tipe 2 jauh lebih umum dari diabetes tipe 1

90 persen diabetes adalah diabetes tipe 2. Selain itu, dalam beberapa tahun ke belakang, diabetes tipe 2 meningkat pada anak-anak dan remaja. Bahkan di beberapa negara jumlah penderita muda ini berjumlah lebih dari lebih dari 50 persen.

  1. Penyakit kardiovaskular berkontribusi terhadap 50 sampai 80 persen kematian penderita diabetes

Di sebagian besar negara, diabetes menjadi salah satu penyebab utama kematian dini, terutama melalui peningkatan risiko penyakit kardiovaskular (Cardiovascular Disease/CVD)

  1. 80 persen kematian akibat diabetes terjadi di negara dengan penghasilan rendah dan menengah

Di negara maju, penderita diabetes biasanya telah masuk ke usia pensiun (65 tahun ke atas). Sedangkan di negara berpenghasilan rendah atau menengah seperti di Indonesia, penderita diabetes berusia antara 35 sampai 64.

  1. Diabetes adalah penyebab utama kebutaan, amputasi dan gagal ginjal

Kurangnya pengetahuan tentang diabetes, dikombinasikan dengan ketiadaan akses kesehatan menyebabkan komplikasi seperti kebutaan, amputasi dan gagal ginjal pada penderita.

  1. Diabetes tipe 2 dapat dicegah

Tidak seperti diabetes tipe 1 yang diturunkan secara genetis, diabetes tipe 2 sangat berkaitan dengan gaya hidup tertentu, dan dengan demikian dapat dicegah juga dengah gaya hidup tertentu. 30 menit aktivitas fisik intensif setiap hari dan diet sehat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Itulah beberapa fakta diabetes yang harus anda ketahui.

Diabetes-300x259