Batam memang terkenal dengan surga baharinya, terutama makanan seafood. Namun ada salah satu seafood yang paling khas dari kota ini, yaitu Gonggong. Gonggong adalah satu-satunya makanan seafood yang hanya berada diperairan sekitar Batam. Gonggong merupakan makanan seafood terfavorit di Kepulauan Riau yang sudah terkenal hingga ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Korea, Thailand, dan India.

Gonggong adalah sejenis siput yang kerangnya mempunyai cangkang besar serta keras. Namun justru hal inilah yang akan menambah sensasi  ketika memakannya. Cara memasak gonggong ini cukup simpel, hanya direbus dengan garam dan irisan jahe agar bau amisnya hilang. Rasa daging gonggong mirip dengan rasa cumi yang kenyal, gurih, dan enak. Biasanya gonggong disajikan dengan sambel, entah itu saos, sambel merah, maupun sambel ijo terasi yang menambah kelezatan makanan ini. Untuk memakannya juga diperlukan tusuk gigi, fungsinya untuk mencongkel isi dari gonggong ini keluar hingga bisa mendarat dengan cantik di dalam mulut. Harga seporsi gonggong bervariasi, mulai dari Rp 20-50 ribu karena banyak sekali restauran seafood ataupun kelong laut yang menyediakan hidangan ini.

Kini gonggong juga telah diolah menjadi panganan berupa kerupuk sehingga bisa dijadikan oleh-oleh buat sanak saudara maupun kerabat di luar Batam. Untuk Anda yang gemar sekali makan makanan laut, jika berkunjung ke Batam, jangan lewatkan kesempatan mencicipi gonggong segar yang mampu menggoyang lidah Anda!

Gonggong-Kuliner-Khas-Batam

Trends Mebel Terbaik:

gonggong medan