Banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa mengonsumsi permen karet dianggap bermanfaat bagi kesehatan. Sebab permen karet sangat rendah kalori, mampu menekan nafsu makan, dan dapat membantu mengurangi stres. Namun penelitian terbaru seperti yang dilansir dari healthmeup.com menunjukkan bahwa mengonsumsi permen karet mampu memberikan efek samping bagi kesehatan seperti penjelasan berikut ini.

Menyebabkan Anda mengonsumsi junk food
Penelitian terbaru menemukan bahwa mengonsumsi permen karet dapat meningkatkan keinginan Anda untuk mengonsumsi junk food atau makanan tidak sehat. Para peneliti menyimpulkan bahwa rasa mint yang ada di dalam permen karet menyebabkan buah dan sayur terasa pahit di dalam mulut Anda sehingga membuat Anda enggan untuk mengonsumsinya.

Memicu masalah sendi
Mengonsumsi permen karet secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan sendi yang disebut dengan temporomandibular. Gangguan sendi ini akan membuat rasa sakit di otot dan sendi yang menghubungkan tulang rahang dan tengkorak Anda.

Mengganggu kesehatan pencernaan
Ketika Anda mengunyah permen karet, Anda cenderung menelan banyak udara yang menyebabkan Anda sakit perut dan kembung. Permen karet juga mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan manitol yang mampu memicu diare, alergi, dan sakit kepala.

Merusak gigi
Permen karet mengandung gula yang bisa menempel di gigi Anda secara menyeluruh. Jika Anda tidak membersihkan gigi dengan baik, maka zat gula akan tertinggal dan membuat gigi Anda membusuk.

Merusak pertumbuhan tulang
Penelitian kesehatan menunjukkan bahwa remaja yang banyak mengunyah permen karet selama masa pubertas memiliki kemungkinan terjadi pertumbuhan wajah yang kurang sempurna. Sebab tindakan mengunyah permen karet akan mengganggu pertumbuhan tulang rahang dan otot wajah yang menjadikan wajah menjadi lebih besar.

Membahayakan kesehatan gigi berlubang
Ketika gigi Anda berlubang dan ditambal, tambalan gigi Anda yang terbuat dari campuran perak, timah, dan merkuri bisa masuk ke dalam sistem pencernaan Anda. Tentu saja pelepasan merkuri ini bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Ternyata mengonsumsi permen karet secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping kesehatan yang membahayakan. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda mengonsumsi permen karet dengan intensitas yang wajar.

Permen-Karet