Saat musim hujan, banyak bakteri yang akan berkembang biak karena keadaan lembab dan kotor. Jika tidak bisa menjaga kebersihan dengan baik, bisa saja Anda dengan mudah terserang penyakit, salah satunya adalah diare. Nah, kali ini Vemale dengan MeetDoctor bersama dr. Rahajeng Arianggarini sedang membahas soal diare nih. Yuk langsung baca saja jawaban mengenai masalah pencernaan berikut ini.

  1. Apa penyebab diare? (terutama di musim hujan seperti ini)
    Diare disebabkan oleh virus dan bakteri yang ada pada asupan makanan yang anda makan. Virus dan bakteri tersebut bisa saja berada pada tangan anda, dan masuk ke tubuh anda bila anda lupa mencuci tangan.
  2. Apa yang harus dilakukan jika sedang diare? Termasuk pada anak-anak.
    Yang paling penting ketika kita sedang diare yaitu mencegah timbulnya dehidrasi, Konsumsilah minimal segelas air putih/oralit setiap setelah mencret. Diare merupakan suatu proses tubuh mengeluarkan zat yang beracun/ tidak baik dalam tubuh, dan merupakan suatu proses. Biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam 3-4 hari. Bila diare disertai dengan demam, temuilah dokter untuk diperiksa.
  3. Tips apa agar terhindar dari diare?
    Jagalah asupan makanan anda, pastikan makanan yang anda makan bersih, karena penyebab paling sering terserang diare yaitu adanya kuman dan virus yang ada pada makanan anda. Hindari makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam karena jenis makanan tersebut dapat merangsang saluran pencernaan anda sehingga dapat menyebabkan diare.

Nah, itu dia jawaban singkat dari MeetDoctor mengenai diare. Sekarang Anda tahu sebab diare, bagaimana mengatasinya dan mencegah diare terjadi bukan? Yuk hidup sehat.Nah, kali ini Vemale dengan MeetDoctor bersama dr. Rahajeng Arianggarini sedang membahas soal diare nih.

76016-tips-kenali-gejala-dan-cara-cegah-dehidrasi-saat-diare-datang-120717