Pergantian musim sering membuat kita sakit. Saat musim hujan tiba, kita jadi lebih mudah terserang penyakit seperti flu dan demam. Musim hujan sudah datang, penyakit kini makin banyak mendera di suhu udara yang dingin. Tingkatkan daya tahan tubuh Anda untuk cegah penyakit datang di musim hujan. Nah, supaya fit selama musim hujan, berikut beberapa cara praktis tetap fit di musim hujan adalah :

  1. Selalu membawa pelindung

Payung, jas ujan, dan jaket adalah alat-alat penting yang bisa melindungi anda dari hujan. Apalagi jika anda mengendarai kendaraan pribadi untuk bekerja setiap harinya dari rumah sampai ke kantor usahakan anda selalu melindungi diri anda setiap hari.

  1. Cek perkembangbiakan nyamuk

Di musim hujan, populasi nyamuk umumnya akan bertambah. Salah satu penyebabnya adalah karena ada genangan air yang merupakan tempat yang sangat cocok untuk perkembangbiakan nyamuk. Sering-seringlah mengecek tempat penyimpanan air di rumah Anda. Cek juga tempat-tempat lain yang biasa jadi tempat genangan air seperti akuarium, pot bunga, dan got.

  1. Minum teh herbal

Teh herbal memiliki kandungan anti bakteri. Teh herbal ini bisa meningkatkan imunitas tubuh dan membantu menguatkan imunitas untuk melawan kuman dan bakteri.

  1. Jangan menggaruk

Saat digigit nyamuk, jangan langsung menggaruk kulit anda. Kenapa? Karena virusnya bisa masuk melalui hidung, tubuh, dan mulut. Jadi ketika kulit bentol atau terasa gatal setelah digigit nyamuk, jangan langsung menggaruknya. Lebih baik Anda berikan obat untuk menyembuhkan gatal-gatal di kulit Anda.

  1. Makan makanan mengandung jahe Minum-minuman berbahan jahe atau tambahkan sebagai bumbu ke dalam masakan bisa menghambat virus respiratory syncytial (virus yang menebabkan bronkiolitis dan pneumonia) yang menempel pada sel-sel tubuhnya.
  2. Rajin cuci tangan, cuci tangan dengan cara tepat menggunakan sabun bisa menghentikan bakteri yang ada di tangan Anda. Lakukan cuci tangan terutama pada saat sebelum dan sesudah makan serta setelah dari toilet.
  3. Bersihkan lingkungan

Hujan  yang terus-menerus bisa  mengakibatkan timbulnya genangan air di mana-mana. Bila dibiarkan, genangan  air  ini akan menjadi sarang penyakit  dan tempat  yang disukai nyamuk untuk bersarang.  Jangan biarkan ada sampah-sampah di sekitar  kuman  yang bisa menampung hujan  yang turun. Kubur sampah seperti kaleng dan wadah lainnya agar tidak menjadi sarang  nyamun dan bakteri serta  kuman  penyebab penyakit. Bila  di halaman rumah Anda  mempunyai tanaman dan pohon yang rimbun,  potong dan jangan biarkan tidak  terlalu rindang karena tempat yang teduh dan lembab  juga  menjadi salah satu penyebab  timbulnya penyakit pada  musim hujan.

Bila  kondisi tubuh terasa  menurun, jangan memaksakan diri  untuk menyelesaikan  pekerjaan. Istirahat sejenak  dan matikan AC saat hujan turun  deras, karena  suhu di dalam ruangan  juga akan mengalami penurunan.

Makanan Sehat dan Lezat Di Musim Hujan