Pada waktu kita mau datang menstruasi, biasanya kita mulai merasa pusing, lemas, sedikit nyeri di perut bagian bawah, atau malas beraktivitas. Perempuan yang lain akan merasa tubuh jadi lemas dan cepat lelah, berat badan bertambah, berjerawat, sampai pinggang terasa pegal. Inilah tanda-tanda Anda sedang mengalami menstruasi. “Yang paling sering terjadi adalah perempuan jadi mudah marah, emosi labil, dan nafsu makannya meningkat “, tutur dr Ryan Thamrin, konsultan masalah reproduksi seksual.

Berikut cara mengurangi nyeri saat haid secara alami adalah :



§  Mengurangi makanan gurih.

Lebih baik hindari makanan yang bersifat gurih atau asin. Seperti kentang goreng,kacang-kacangan atau makan yang berbumbu lainnya. Kandungan garam yang tinggi dalam tubuh akan mempercepat proses pelepasan air berlebih di dalam tubuh, sehingga tubuh cepat terasa lemas.

§  Menambah Konsumsi Serat

Serat dari sayuran dan buah-buahan bisa membantu mengurangi keluhan Menstruasi. Pisang, misalnya, mengandung vitamin B6 yang mampu mengurangi gejala Menstruasi, seperti payudara yang menegang, retensi air, dan mood yang berubah-ubah. Sedangkan nanas, kaya akan vitamin A, B, dan C, serta mangan. Mineral ini telah terbukti mampu meningkatkan mood dan mengurangi retensi air, sehingga Anda terbebas dari problem perut kembung.

§  Perbanyak minum air putih.

Hindari minum terlalu banyak gula, kafein, cokelat, dan es. Kondisi dingin dalam tubuh tidak baik untuk aliran darah. Sebaiknya minum air putih hangat untuk memperlancar aliran darah.

§  Susu atau Yoghurt

Mengonsumsi dosis kalsium sekitar 1200 miligram setiap harinya, dapat menolong Anda mengurangi rasa sakit saat menstruasi tiba. Untuk mendapatkan kandungan kalsium yang tinggi, Anda bisa memulai untuk meminum susu dan berbagai produk variannya seperti yoghurt atau keju. Jika Anda memiliki alergi laktosa, cobalah alternatif seperti brocoli, yang memiliki kandungan kalsium yang juga tinggi.

Cara mengatasi nyeri haid

Trends Mebel Terbaik:

makan durian saat haid, efek makan durian saat haid, makan durian saat menstruasi, bahaya makan durian saat haid, bolehkah makan durian saat haid, pengaruh durian terhadap menstruasi, efek makan durian saat menstruasi, haid makan durian, makan duren saat haid, bahaya makan durian saat menstruasi, makan durian ketika haid, bolehkah wanita haid makan durian, apakah orang haid boleh makan durian, haid makan duren, makan nangka saat haid, bolehkah makan durian saat menstruasi, menstruasi makan durian, bolehkah makan durian ketika haid, dampak makan durian saat haid, apakah boleh makan durian saat haid, saat haid boleh makan durian, makan durian saat mens, bolehkah saat haid makan durian, bahayakah makan durian saat haid, pengaruh makan durian saat menstruasi, saat haid makan durian, apakah durian boleh dimakan saat haid