Diare pada bayi bisa membuat orang tua cemas dan khawatir. Hal itu wajar, karena diare yang terjadi pada bayi bisa berakibat fatal kalau tidak segera ditangani. Namun orang tua sebaiknya jangan terlalu panik berlebihan, ada beberapa pengobatan alternatif yang bisa anda lakukan untuk mengobati diare pada bayi. Namun perlu diketahui, ada baiknya untuk bayi dibawah 1 tahun segera bawa kedokter untuk penanganan lanjutan. Berikut pengobatan sederhana untuk mengobati diare pada bayi usia 1 tahun ke atas, diantaranya:

  1. Beri Cairan Lebih

ASI merupakan cairan terbaik untuk mengobati diare bayi. Maka untuk itu susui bayi anda secara teratur.

  1. Berikan Oralit

Buat oralit dengan cara mencampurkan air, garam, dan gula. Hal ini bertujuan untuk menggantikan kandungan garam pada tubuh bayi yang hilang karena terkena diare.

  1. Berikan Makanan Yang Mudah Dicerna

Suapi bayi dengan makanan yang lembut dan mudah dicerna, semisal nasi lembut seperti bubur dan juga berikan pisang. Hindari makanan yang mengandung serat tinggi sejenis kacang-kacangan, karena itu sulit untuk dicerna.

  1. Pijat Gusi Si Bayi

Penyebab diare juga bisa berasal dari mau tumbuhnya gigi pada anak. Berikan pijatan pelan pada gusi bayi, namun tangan anda harus bersih.

  1. Berikan Air Yang Cukup

Berikan secara teratur air putih hangat. Ini berguna untuk mengurangi atau meredakan sakit pada perut karena diare.

Itulah beberapa cara sedehana yang dapat anda coba untuk mengobati diare pada bayi. Namun sebaiknya bawa ke dokter apabila bayi anda tidak segera sembuh. Semoga bermanfaat

Cara-Mengatasi-Diare-Pada-Bayi