Kejang atau step pada balita merupakan kondisi yang sering terjadi pada anak balita yang lagi demam tinggi atau peningkatan suhu tubuh yang  tinggi sehingga adanya kontraksi otot yang berlebihan dalam waktu tertentu tanpa bisa dikendalikan.penyebab terjadinya step atau kejang adalah daya tahan tubuh anak menurun dan terserang penyakit,dan pada saat itu sistem imun anak melakukan perlawanan terhadap penyakit sehingga otomatis temperatur suhu akan meningkat  kisaran 38c-40c yang dapat menjadikan anak kejang.

Dan perlu kita ketahui bila anak atau balita pernah mengalami kejang atau step besar kemungkinan bisa kejang lagi sehingga dapat membahayakan kondisi pada anak karena setiap kali anak terkena step atau kejang ia akan mengalami Asfiksi atau kekurangan oksigen dalam darah yang mengakibatkan kerusakan sel sel pada otak karena terhambatnya aliran oksigen pada otak.kerusakan sel pada otak sendiri bisa menyebabkan epilepsi,kelumpuhan dan gangguan mental.

Nah untuk itu disini kami akan coba berikan Tips pertolongan pertama pada bayi kejang atau step yang bisa dilakukan oleh orang tua:

  1. Anda dapat memindahkan bayi anda ke tempat yang aman seperti kasur atau lantai, jauhkan dengan benda-benda yang dapat membahayakan anak anda, termasuk benda keras dan benda tajam.
  2. Ketika bayi anda muntah, segera miringkan posisi kepala nya ke bagian sisi kanan atau kiri sehingga muntahan dapat mudah mengalir dari mulut bayi, hal ini juga dapat membantu bayi agar tidak tersedak.
  3. Jangan memasukan benda benda seperti sendok ke dalam mulut bayi anda dikarenakan akan memicu tersedak dan terganggunya pernafasan.
  4. Ketika bayi anda kejang, sebaiknya anda menghindari pakaian yang ketat dikarenakan akan membuatnya kesulitan untuk bernafas
  5. Setelah anak anda benar-benar sadar, anda dapat menurunkan suhu tubuhnya dengan cara mengompres menggunakan air hangat
  6. Sebaiknya anda jangan menahan atau menggendong selama bayi anda sedang kejang karena akan memicu terjadinya kondisi yang buruk pada anak anda.
  7. Setelah anak anda diberikan pertolongan pertama,bukan berarti tidak memberikannya penanganan medis, bagaimanapun anak anda sangat membutuhkan beberapa obat-obatan sesuai dengan resep dokter, oleh karena itu bawa segera anak anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Semoga  Tips pertolongan pertama pada bayi kejang atau step diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi orang tua.

cara mengatasi kejang atau step pada bayi