Bayi cegukan adalah hal yang wajar, tetapi terkadang membuat Ibu khawatir dan jengkel jika bayi cegukan tidak kunjung berhenti. Apakah Anda pernah mengalami atau bahkan sedang mengalami bayi cegukan dan belum ada tanda-tanda sembuh? Berikut ini adalah tips buat ibu mengatasi bayi cegukan untuk membantu Anda mengatasinya lebih cepat, semoga bayinya cepat sehat. Amiiin.

  1. Coba menyusui bayi segera mungkin. Cegukan terjadi ketika diafragma kurang cairan yang menimbulkan gerakan tidak normal. Minum ASI sedikit demi sedikit mungkin memberikan waktu diafragma untuk bersantai dan akan kembali ke gerakan normal. Sebagian besar bayi cegukan akan sembuh dengan cara memberi ASI.
  2. Cara yang kedua, tempatkan sedikit gula di bawah lidah bayi Anda. Saran ini mungkin sudah ada sejak nenek moyang dulu, tetapi sebagian dokter membenarkan dengan trik ini. Beberapa peneliti dan Dokter berpendapat menelan gula dalam bentuk butiran akan membantu diafragma kembali ke normal. Hal yang perlu di perhatikan dalam mengatasibayi cegukan dengan gula ini adalah hanya menaruh sedikit gula saja di bawah lidah agar gula cepat di telan sebelum larut di mulut bayi. Cara lain yang bisa Anda lakukan dengan trik ini adalah dengan menyelupkan dot bayi ke dalam sedikit gula dan segera memberikan ke bayi Anda untuk di telan.
  3. Jika cegukan bayi terjadi secara organik, cobalah memberikan bayi cegukan sesuatu untuk dimakan. Dasar ide ini adalah menelan dapat membantu mengatur kembali diafragma kembali normal. Beberapa saran yang harus di berikan untuk di makan bayi adalah: Saus apel, sereal beras atau pisang sedikit saja.
  4. Cara ke empat mengatasi bayi cegukan adalah memberikan minum air hangat kepada bayi Anda tetapi pada saat minum air hangat ini dengan sedikit menengok ke kiri atau ke kanan untuk menormalkan diafragma yang kurang netral. Cara ke empat ini bisa di lakukan kepada bayi yang usianya sudah lebih dari 4 bulan. Jangan memberikan air panas tetapi hangat, biasanya bayi akan sangat sensitif terhadap air hangat, jadi Anda harus berhati-hari sekali.
  5. Menggosok punggung bayi dengan lembut. Menggosok punggung bayi dengan lembut dapat mengendurkan otot-otot anak Anda dan mengembalikan diafragma lebih santai. Menggunakan gerakan ke atas, menggerakkan tangan dari bawah ke bahu. Teknik ini mungkin memakan waktu beberapa menit untuk mulai bekerja mengatasi cegukan si kecil.

5455_cara_efektif_mengatasi_cegukan_pada_bayi