Dapur memang salah satu ruang yang sangat penting untuk sebuah rumah. Disanalah aktivitas menyiapkan hidangan untuk keluarga di mulai. Makanan yang sehat untuk keluarga berawal dari proses penyiapan dan pengolahan di dapur. Dapur yang berukuran relatif kecil bukan suatu masalah. Dapur bisa menjadi efektif bila penggunanya mengetahui cara mensiasati ruang dapur kecil agar terkesan lega. Anda tidak perlu membutuhkan ruangan yang besar untuk membuat dapur berfungsi dengan baik dan nyaman. Perlu diketahui, konsep dari dapur di rumah minimalis sendiri merupakan sebuah dapur yang mengedepankan fungsi dibanding dengan desain yang terlalu berlebihan. Desain yang terlalu berlebihan sebaiknya ditiadakan jika memang tidak mendukung fungsi dapur minimalis yang sesungguhnya. Selain itu karakteristik lain dari sebuah dapur minimalis adalah selalu mengedepankan kerapian dan kebersihan dapur. Oleh karena itu Anda sebaiknya memperhatikan cara pengorganisasian peralatan dapur Anda agar dapur Anda tetap nampak cantik setiap hari. Dalam sebagian besar rumah tangga saat ini dapur telah menjadi pusat daya tarik tersendiri dalam sebuah tempat tinggal, baik rumah minimalis, sederhana, modern, klasik maupun kontemporer. Apakah itu karena memasak cenderung untuk membawa orang bersama-sama, atau karena ruang dapur berfungsi sebagai area pertemuan dengan anggota keluarga anda, tempat untuk makan, berbagi tugas yang hampir setiap hari.

Dapur kecil sebenarnya bukanlah hal yang membingungkan, karena ada banyak desain dan pola yang dapat membantu anda menyediakan dapur kecil anda dengan penataan ruangan yang dinamis dan efisien. Hal yang paling utama dalam mendesain dapur kecil adalah pada pencahayaan, penyimpanan dan peralatan. Kita semua tahu bahwa dapur di mana pun pasti dipenuhi oleh furnitur dan peralatan memasak Tapi Anda harus pandai mengatur dengan benar agar tidak terlihat ramai . Anda harus memastikan bahwa dapur di rumah Anda dapat memberikan fungsi baik, yaitu sebagai tempat untuk memasak . Jika dapur tidak dapat digunakan untuk memasak sebagaimana mestinya , maka dapur akan sia-sia. Untuk menghindari kondisi dapur yang terlihat berantakan dengan barang-barang yang tidak diperlukan, sebaiknya tata barang-barang yang tidak dipakai setiap hari dalam lemari penyimpanan tersembunyi. Contoh peralatan dapur yang mungkin tidak dipakai setiap hari adalah peralatan untuk memasak kue seperti mixer, loyang dan cetakan-cetakan kue. Jika Anda tidak membuat kopi atau roti panggang setiap hari, bisa juga menyimpan toaster dan mesin pembuat kopi di lemari sehingga tidak memenuhi countertop dapur minimalis Anda. Hal ini akan membuat dapur minimalis terlihat lapang dan luas. Salah satu poin penting dalam mendesain dapur mungil adalah usahakan mengatur dan mengoptimalkan keterbatasan ruang agar hasil yang di dapat optimal. Seperti yang kita ketahui, prinsip dasar rumah minimalis adalah meminimalisir sekat ruangan yang begitu luas. Artinya Anda harus pintar-pintar menyiasati bagian lowong dengan barang-barang yang sesuai. Tak perlu barang terlalu banyak, cukup sesuatu yang sangat dibutuhkan.

Desain dapur kecil harus memberi kesan dapur menjadi lapang. Ada baiknya anda menggunakan furniture yang multifungsi seperti rak penyimpanan sekaligus sebagai meja. Rak juga merupakan benda wajib yang harus ada didapur. Biasanya, rak digunakan untuk meletakkan piring. Namun ada juga yang berfungsi sebagai tatakan toples rempah – rempah. Untuk dapur rumah minimalis, sebaiknya anda memilih rak yang sederhana dan berwarna silver. Almari adalah benda wajib yang harus ada didalam dapur. Untuk desain rumah minimalis, anda sebaiknya memilih desain almari yang sederhana dan tidak banyak mengandung ornamen. Desain seperti itu biasanya dimiliki oleh almari berbahan kaca. Untuk lapisan meja dapur, anda bisa menggunakan bahan marmer yang tahan goresan yang mungkin dapat terjadi saat aktivitas potong memotong makanan dengan pisau. Untuk menciptakan dapur minimalis yang selalu awet kerapian dan kebersihannya, memang dibutuhkan disiplin keras dari pemilik dapur itu sendiri. Nah, dengan membiasakan diri untuk selalu mengembalikan barang yang telah selesai dipakai ke tempatnya semula, selain akan menjaga ruang dapur minimalis Anda selalu terlihat rapi, juga memudahkan Anda untuk mencari mereka ketika diperlukan. Bayangkan jika Anda membutuhkan suatu alat segera tapi lupa dimana menyimpannya, untuk mencarinya dari ujung dapur ke ujung lainnya tentu adalah hal yang sangat merepotkan dan menghabiskan waktu. Oleh karena itu,disiplinkan diri Anda dan ingatlah tujuan awal Anda menciptakan dapur minimalis di rumah, yakni untuk mempermudah kegiatan Anda di dapur.

Pewarnaan ruang dapur menjadi poin penting lainnya. Gunakanlah warna-warna yang cerah agar ruangan terlihat luas. Untuk menambah daya tarik dapur minimalis anda, anda harus pandai – pandai memilih kombinasi warna antara satu benda ke benda yang lain dengan tepat. Contohnya, jika meja dapur berwarna coklat, almari yang harus anda pakai adalah warna krem atau silver. Dengan memadukan satu warna di satu benda ke benda lain, dapur akan terlihat menarik dan elegan. Selanjutnya Anda juga bisa memberikan banyak kaca tembus pandang agar dapur Anda tidak terlihat gelap. Dengan mengatur pencahayaan yang cukup banyak, ruang dapur kecil Anda akan terlihat lebih luas. Yang perlu anda perhatikan adalah sirkulasi udara dalam dapur anda. Akan lebih baik jika anda memasang exhaust.

Kitchen-Minimalis-Murah

Trends Mebel Terbaik:

cara menata dapur peralatan murah dan barang zaman, cara toko menata barang lemari plastik dan mebel, menata dapur sempit dan barang yang d perlukan, model klinik dokter minimalis, tempat bumbu dapur dari kayu