Memiliki anak yang cerdas adalah idaman para orangtua. Untuk itu, berbagai informasi tentang cara membuat anak lebih cerdas banyak dicari para orangtua. Meskipun sebuah penelitian dari Universitas Queensland, Australia, pada tahun 2013 mengatakan bahwa 20 hingga 40 persen dari kecerdasan anak adalah faktor genetik, hal tersebut bukan berarti membuat orangtua tidak mencari cara untuk membuat anaknya lebih cerdas. Tentu, hal ini dikarenakan faktor yang lebih dominan membentuk kecerdasan anak bukanlah faktor genetik, tetapi faktor lainnya seperti bagaimana orangtua membesarkan dan mendidik mereka. Salah satu cara orangtua untuk membuat anak lebih cerdas adalah mendengarkan mereka musik, bahkan sejak dalam kandungan. Di antara musik yang bisa diperdengarkan adalah musik-musik klasik seperti Mozart atau musik dengan tempo lambat lainnya. Berikut adalah 8 cara membuat anak lebih cerdas seperti yang dikutip dari Time, Kamis (8/1/2015).

  1. Berikan pelajaran musik

Cara membuat anak lebih cerdas pertama adalah memberikannya pelajaran musik. Jadi, selain hanya memperdengarkan musik pada anak, memberikan mereka pelajaran musik juga dapat membuat anak lebih pintar.

Sebuah riset menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mempelajari musik, anak yang belajar musik memiliki peningkatan IQ lebih cepat. Bahkan, belajar musik juga bermanfaat bagi orang yang lebih tua.

  1. Biarkan anak bermain

Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa mereka yang lebih senang bermain lebih bodoh karena menghabiskan waktu sia-sia. Padahal, bermain dapat membuat kondisi anak lebih baik, dan kondisi yang baik dapat mempercepat anak mempelajari bahasa baru sebanyak 20 persen.

  1. Jangan bacakan buku, membacalah bersama mereka

Jangan biarkan anak hanya menatap gambar-gambar pada buku saat Anda membacakan cerita buku tersebut untuknya. Ajak lah anak-anak untuk ikut membaca bersama, itu adalah salah satu cara terbaik membuat anak lebih pintar. Sebab, membaca buku bersama adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan anak kemampuan literasi sejak dini.

  1. Pastikan tidur anak cukup

Ternyata, kurang tidur 1 jam saja dari waktu normal dapat membuat kemampuan otak anak berkurang 2 tahun dari umurnya. Jadi, biasakan anak Anda untuk tidur cukup.

  1. Biasakan disiplin, bukan hanya mengejar IQ tinggi

Menurut para pakar, disiplin diri adalah kunci yang lebih penting untuk meraih hidup sukses dibanding dengan IQ yang tinggi. Puluhan studi telah memverifikasi bahwa kemauan adalah kunci paling penting bagi keberhasilan individu.

Itu artinya, sebagai orangtua Anda perlu untuk membangun kedisiplinan diri pada anak. Hal ini dapat dimulai dengan membiasakan mereka tepat waktu dalam segala hal.

  1. Mengulang apa yang di dengar dan dibaca

Otak manusia akan lebih menyerap sesuatu saat informasi yang masuk ke dalam otak diulang kembali. Untuk itu, misalnya Anda memberikan informasi pada anak-anak, cobalah untuk meminta mereka mengulangi apa informasi yang baru saja Anda berikan.

Hal ini berlaku juga bagi orang dewasa. Sediakan 30 persen waktu untuk membaca dan 70 persen lainnya untuk menguji diri sendiri atas apa yang telah dibaca. Cara ini akan lebih efektif.

  1. Buat anak selalu bahagia

Anak-anak yang bahagia akan lebih cepat pintar dari pada yang tidak. Banyak penelitian telah memverifikasi hal ini.

Bagaimana cara membuat anak bahagia? Pertama-tama, buat diri Anda sendiri bahagia. Anda tidak mungkin menularkan kebahagiaan jika Anda sendiri tidak bahagia.

  1. teman sebaya yang cerdas

Salah satu hal yang signifikan dalam membentuk sifat dan kecerdasan anak adalah lingkungan bermain mereka. Jika selama ini pengaruh teman sebaya sering dilihat sisi negatifnya, tetapi ternyata teman sebaya pun mampu untuk merangsang kecerdasan Anak.

Hal yang sama berlaku bagi remaja. Mahasiswa misalnya, untuk meningkatkan IPK, salah satu caranya adalah dengan memiliki teman kos yang cerdas. Dengan sering bergaul bersama orang cerdas maka transfer wawasan secara sadar atau pun tidak, sedang berlangsung.

mengobrol