Sariawan memang terlihat sebagai masalah kesehatan kecil, namun rasa sakitnya tak bisa diremehkan. Siapa yang tak tahu bahwa sariawan bisa menyebabkan rasa sakit luar biasa yang bisa membuat orang malas makan, bahkan malas bicara. Rasa sakit akibat sariawan bahan bisa berlipat-lipat bergantung pada lokasinya dalam mulut. Sariawan sebenarnya disebabkan oleh kekurangan nutrisi, vitamin, dan suhu tubuh yang meningkat. Karena itu, sariawan sering muncul ketika seseorang mengalami panas dalam. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa sakit sariawan? Health Site (07/01) membagikan beberapa cara cepat untuk mengatasinya, berikut ini.

  1. Gunakan es batu
    Menggosok bagian mulut yang sariawan dengan es batu bisa meredakan rasa nyerinya. Caranya cukup gosokkan es batu dengan hati-hati pada sariawan.
  2. Cengkeh
    Anda juga bisa meredakan rasa sakit sariawan dengan mengunyah cengkeh. Zat yang dikeluarkan oleh cengkeh secara langsung pada sariawan akan membantu meredakan rasa sakitnya. Selain membantu mengatasi sariawan, cengkeh juga baik untuk meredakan sakit tenggorokan.
  3. Air garam
    Untuk mencegah bagian sariawan mengalami infeksi, Anda bisa mencoba berkumur dengan air garam. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakitnya.

Cara di atas akan membantu Anda untuk meredakan rasa sakit sementara akibat sariawan, namun tidak akan menyembuhkannya. Jika ingin menyembuhkan sariawan, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti madu dan kelapa. Madu akan membantu sariawan cepat menutup dan cepat sembuh karena zat anti-mikroba di dalamnya. Caranya, oleskan sedikit madu pada bagian mulut yang mengalami sariawan. Selain madu, minyak kelapa, air kelapa, atau kelapa kering juga bisa membantu mengatasi sariawan. Caranya adalah dengan meminum air kelapa untuk mendinginkan bagian dalam tubuh atau mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang mengalami sariawan. Mengunyah kelapa juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan sariawan. Perhatikan, sariawan biasanya hanya bertahan sekitar satu minggu. Jika sariawan masih tetap tak sembuh hingga beberapa minggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Karena sariawan yang tak kunjung sembuh juga bisa menandakan penyakit lain seperti kanker mulut.

cara cepat mengilangkan sariawan