Musim penghujan tengah memasuki awal tahun. Tidak sedikit orang yang terserang penyakit akibat hujan. Agar tubuh tidak mudah sakit di musim penghujan. Berikut ini tipsnya yang dikutip Boldsky.

  1. Hindari hujan pertama

Sebaiknya menghindari hujan pertama atau yang baru jatuh. Hal itu dikarenakan kandungan asam yang tinggi dan membawa kotoran serta polutan kimia yang ada di atmosfer. Sehingga termasuk air yang tercemar. Ketika terlanjur basah akibat air hujan pertama segera membilas dan keringkan.

  1. Hindari baju kering di badan

Saat musim hujan sebaiknya selalu membawa baju ganti, agar baju yang basah terkena hujan tidak kering di badan. Air yang ada pada baju lembab karena hujan dapat meresap ke paru-paru, sehingga rentan sakit.

  1. Cuci kaki

Hujan membuat jalan menjadi tergenang dan dapat berisiko penyakit karena mengandung kuman dan bakteri. Ketika air mengenai genangan air tersebut sebaiknya segera mencucinya. Rendam kaki dengan air hangat dan gosokan garam untuk menghindari infeksi dari kuman atau bakteri.

  1. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat setelah kehujanan dapat membantu menyingkirkan semua kuman dan menghindari infeksi.

  1. Sabun antiseptik

Mandi dengan menggunakan sabun antiseptik dapat membuat Anda terhindar dari risiko penyakit, akibat kuman atau bakteri yang ada di air hujan atau genangan air.

  1. Gunakan pelembab

Kulit akan terasa gatal saat kering dari air hujan. Untuk mengatasi hal tersebut, selain mencuci dengan air bersih, oleskan juga pelembab agar kulit tetap sehat.

  1. Rempah-rempah

Untuk menghangatkan tubuh setelah terkena hujan ambilah secangkir minuman hangat yang terbuat dari rempah-rempah. Hal itu dapat menjaga suhu tubuh tetap hangat dan menjaga tubuh dari penyakit. Teh atau minuman rempah-rempah lainnya seperti jahe dapat membuat perut menjadi hangat.

  1. Obat Herbal

Setelah tubuh terpapar air hujan dan menjadi dingin, cobalah obat herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Cobalah dua daun kemangi yang dicampur satu sendok madu dan empat sendok merica di pagi hari, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan menghangatkan tubuh.

Itulah beberapa cara cegah penyakit di musim hujan. Semoga bermanfaat.

melawan flu