Lemari pendingin atau kulkas dipilih banyak orang untuk menyimpan bahan pangan. Dalam menyimpan bahan pangan ternyata tidak boleh sembarangan.

“Menyimpan bahan pangan dalam kulkas perlu diperhatikan tidak sembarangan agar tetap higienis dan mengurangi kontaminasi mikroba dari bahan pangan satu ke yang lainnya,” ujar Kepala Badan Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Roy Sparingga PhD, kepada Dream.co.id.

Menurut Roy, biasanya orang-orang menyimpan daging atau atam pada rak atas atau freezer. Namun aktivitas ini merupakan hal yang salah.

“Ini kebiasaan yang salah karena tetesan air akan mengenai bahan pangan lain dan menjadi tempat berkembangnya mikroba atau spora,” tambahnya.

Untuk menghindari kebiasaaan salah mengenai penyimpanan, Roy memiliki kiat menyimpan bahan pangan di kulkas yang tepat.

  1. Rak pertama

Pangan matang sekali santap sebaiknya di simpan di rak pertama. Misalnya roti, keju yang berbentuk lembaran (lembek) dan sisa bahan makanan yang akan dihangatkan kembali. Sebaiknya gunakan wadah tertutup untuk menyimpannya.

  1. Rak kedua

Susu, keju keras, telur dan yoghurt disimpan pada rak kedua ini. Jika kemasan sudah terbuka sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja, tutup rapat untuk mencegah berkembangnya spora dan terkontaminasi mikroba baik dari suhu, udara ataupun bahan pangan lainnya. Telur yang disimpan dalam wadah bertahan 4 minggu, yoghurt mampu bertahan sampai 2 minggu. Untuk susu sebaiknya jangan disimpan di pintu kulkas ,karena suhu tersebut lebih hangat. Temperatur ini akan memperpendek umur susu.

  1. Rak ketiga

Buah dan sayur sebelum dimasukan ke dalam kulkas dicuci terlebih dahulu. Sebaiknya disimpan di rak ketiga dalam wadah plastik yang telah diberi sedikit celah, agar buah dan sayur bermetabolisme.

  1. Rak ke empat

Nah bahan pangan hewani yang akan segera diolah, seperti daging atau ikan di simpan di rak bawah agar tidak ada tetesan air yang dapat mengenai bahan pangan lainnya.

“Untuk bahan pangan hewani simpan di rak bawah, boleh simpan di frezer tetapi saat mau diolah sebaiknya jangan saat mengeras tetapi simpan di rak bawah terlebih dahulu barulah diolah,” tuturnya.

5-tips-menyimpan-makanan-di-kulkas

Trends Mebel Terbaik:

lemari display makanan di cafe