Menyimpan ayam siap dimasak dalam kulkas ternyata tidak boleh sembarangan. Mungkin biasanya para ibu menyimpannya secara sekaligus dalam kulkas. Cara inilah yang dikatakan salah oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Menurut Kepala BPOM, Dr. Roy Sparringa PhD, hal tersebut justru bisa mendatangkan masalah misalnya risiko keracunan. “Jangan menyimpan ayam sekaligus secara utuh, dipotong dengan ukuran kecil. Sebelumnya terlebih dahulu cuci bersih kemudian baru masukan freezer (lemari beku),” kata Roy.

Pemotongan ini dilakukan agar ayam tidak keluar masuk dalam freezer berkali-kali. “Ini membuat bakteri dan spora berkembang, dipotong kecil kemudian ambil beberapa potong bukan ambil dipotong kemudian dimasuk ke freezer lagi,” tuturnya.

Saat ayam dikeluarkan dari lemari pembeku menurut Roy sebaiknya jangan langsung diolah. “Sehabis dari freezer jangan langsung dikeluarkan dan dimasak, memang bakteri akan mati saat proses masak namun racunnya tidak akan hilang. Maka misalnya besok ingin masak, malamnya ayam sudah disimpan di rak kulkas bagian bawah,” ujarnya.

Roy berharap para keluarga lebih peduli kesehatan dengan melakukan kebiasaan kecil. “Mungkin ini dibilang sepele tetapi kalau sudah keracunan bagaimana. Semoga sekarang semua keluarga lebih peduli dan mulai membiasakan melakukan kebiasaan kecil,” harap Roy.

cara-memasak-ayam-yang-benar-bebas-bakteri