Memandikan bayi bisa menjadi momen yang menyenangkan sekaligus momen untuk mendekatkan Bunda dengan si kecil. Tetapi, memandikan bayi juga bisa berubah menjadi momen yang berbahaya jika Anda ceroboh dan tidak berhati-hati saat berada di kamar mandi. Maka dari itu, Bunda perlu memerhatikan beberapa hal penting saat sedang memandikan si kecil supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa tips aman saat memandikan bayi.

  1. Peraturan penting yang pertama adalah jangan pernah meninggalkan bayi Anda berada di kamar mandi tanpa pengawasan. Bayi dapat dengan mudah tenggelam bahkan di kedalaman air 2 cm saja. Oleh sebab itu, kumpulkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memandikan si kecil dan bawalah ia saat tiba-tiba ada panggilan telpon atau tamu datang.
  2. Bunda, ketahuilah bahwa bayi sangat mudah merasa dingin meski Anda merasa suhu ruangan sudah tidak terlalu dingin. Maka dari itu, sangat penting bagi Bunda untuk membuat suhu kamar mandi senyaman mungkin sehingga si kecil tidak merasa kedinginan. Suhu ruangan minimal agar bayi merasa hangat adalah 23 °C.
  3. Selanjutnya, jangan pernah membiarkan air mengalir saat bayi Anda sudah berada di dalam bak mandi. Jika Anda menggunakan water heater, maka suhu air bisa saja berubah tanpa Anda sadari. Selain itu, membiarkan air kran tetap menyala juga bisa membuat air terlalu dalam untuk buah hati Anda.
  4. Apabila Anda menggunakan bathup, maka pastikan Anda telah melapisi bathup dengan pelindung sehingga tidak licin dan bayi Anda pun tidak mudah terpeleset. Berikan bantalan empuk di kepala bayi untuk menghindari kepalanya terbentuk pinggiran bathup yang keras. Pastikan pula segala benda yang ada di kamar mandi aman dan barang berbahaya jauh dari jangkaun si kecil.
  5. Sebelum memandikan bayi Anda, periksa terlebih dulu apakah suhu air telah cukup hangat untuk si kecil. Bunda bisa memeriksanya dengan mencelupkan pergelangan tangan atau siku untuk memastikan air tidak terlalu panas untuk bayi Anda. Perlu Bunda ketahui pula bahwa bayi lebih suka air yang tidak terlalu hangat daripada yang Anda kira.
  6. Selanjutnya, ketahui seberapa banyak air yang perlu diisi di dalam bak mandi. Isilah bathup atau bak mandi bayi Anda dengan air sedalam 5 – 10 cm saja. Air yang terlalu dalam rawan membuat bayi Anda tenggelam sehingga tidak perlu mengisi di dalam bak terlalu penuh.

Jadi, pastikan momen memandikan bayi Anda menjadi aman dan menyenangkan dengan melakukan tips di atas tersebut.

Cara aman memandikan bayi