Karang Gigi yang nama lainnya adalah kalkulus merupakan kotoran dalam mulut yang menempel di gigi dalam jangka waktu lama sehingga lama kelamaan akan mengeras dan membatu sehingga sulit untuk dibersihkan dengan gosok gigi. Pada umumnya Karang gigi terletak di tepi gusi, bisa juga masuk ke celah antara gigi dan gusi. Biasanya seperti karang berwarna putih-kuning sampai ada yang kuning kehijauan. Penyebab dari karang gigi adalah karena sisa makanan yang tidak dibersihkan. Akibatnya sisa makanan ini bercampur dengan bakteri dan membentuk plak putih yang menempel. Jika tetap diabaikan sehingga menimbulkan karang gigi ini. Sehingga permukaan gigi menjadi kasar dan menjadi tempat menempelnya plak. Pada karang gigi yang semakin menebal akan menjadi sarang kuman.

Untuk mengatasi karang gigi secara alami ada beberapa cara sebagai berikut :

1.   Menggosok gigi setiap hari 2x dalam sehari yaitu : pagi dan malam hari. Bagian gusi harus dibersihkan. Gusi bagian atas digosok ke arah atas dan gusi rahang bagian bawah digosok ke arah bawah.

2.   Mengkonsumsi buah apel. 

Makan buah apel tanpa dikupas kulitnya juga akan membantu membersihkan gigi dari karang gigi. Selain manfaat dari kandungan gizinya, sekaligus menjaga gigi dari plak. Tentu saja ini mesti kita lakukan secara rutin.

3.   Biji asam jawa.

Sangrai (goreng tanpa minyak) biji asam jawa tersebut, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau di blender. Gosokkan biji asam jawa yang sudah halus tersebut pada gigi yang terdapat karangnya menggunakan kapas atau sikat gigi.

4.   Cengkeh.

Siapkan cengkeh sebanyak 7 buah. Tumbuk halus dan hasilnya kita gunakan untuk menggosok karang gigi. Bubuk cengkeh ini bisa pula kita gunakan untuk berkumur.

Cara alami menghilangkan karang gigi

Trends Mebel Terbaik:

menghilangkan karang gigi dengan minyak goreng