Saat bangun tidur, salah satu hal yang biasanya langsung Anda lakukan adalah melakukan peregangan. Aktivitas ini dinilai mampu membantu Anda untuk mengendurkan otot saraf yang kaku serta melancarkan aliran darah. Itulah sebabnya banyak orang yang menilai bahwa aktivitas ini cukup aman untuk dilakukan. Namun penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk mengungkapkan fakta yang berbeda. Francis Walker, seorang ahli neurologis dari Wake Forest Baptist Medical Center, North Carolina menjelaskan bahwa melakukan peregangan justru dapat menyebabkan Anda mengalami mati rasa atau lemah otot.

“Gerakan meregangkan tubuh terutama yang melibatkan punggung dapat menghasilkan gumpalan kecil di arteri. Hasilnya Anda bisa mengalami mati rasa atau kelemahan di otot,” terangnya.

“Tak hanya orang awam saja yang bisa mengalami gangguan otot karena melakukan peregangan. Sebab saya juga menemukan bahwa pemain basket dan mereka yang sering berolahraga bisa menderita penyakit ini.”

Oleh sebab itu dia pun menyarankan agar Anda lebih berhati-hati dalam melakukan peregangan. Jangan melakukan gerakan yang refleks sebab akan menimbulkan keterkejutan otot.

ngulet