Rahasia Awet Muda – Penasaran melihat laki-laki yang cenderung awet muda dibanding wanita, seorang praktisi medis dan kosmetik dermatologi di New York, Francesca Fusco, MD memberikan pernyataan mengejutkan. Dia mengatakan, wanita perlu bercukur seperti pria jika mau mempertahankan masa muda mereka. Seperti diberitakan Health, Rabu (21/1/2015), Fusco, mengatakan ada beberapa logika di balik kebiasaan bercukur para pria. Sebab bercukur pada dasarnya bentuk lain dari pengelupasan kulit.

“Bercukur dapat bermanfaat untuk meluruhkan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit sehingga dapat membantu mencegah keriput,” katanya.

Berita buruknya, kulit wanita tidak setebal pria. Sehingga bila bercukur, kulit wanita akan rentan infeksi. Selain itu, hormon wanita juga mempengaruhi penuaan.

“Perubahan hormon selama bertahun-tahun apalagi pascamenopause dapat mempengaruhi penuaan kulit. Ini karena aliran darah ke kulit jadi lebih sedikit sehingga terjadi penurunan produksi minyak. Pada akhirnya, proses alami ini akan menyebabkan keriput,” kata dermatolog di New York City, kata Adam Friedman, MD.

Kendati demikian, Fusco mengatakan ada prosedur non-invasif yang mirip dengan cara bercukur atau disebut dermaplaning. Bedanya, hal ini hanya bisa dilakukan oleh profesional medis dengan menggunakan pisau bedah yang tajam dan lembut untuk mengikis sel kulit mati.

“Jika Anda memilih untuk menjalani dermaplaning, pastikan untuk menghentikan setiap produk pengelupasan termasuk serum alpha hydroxy acid (AHA), lulur, krim malam, dan resep topikal setelah pengobatan,” sarannya.

Namun jika ide ini menakutkan, jangan khawatir. Menurut dermatolog di New York City, Debra Jaliman, MD ada cara yang jauh lebih mudah untuk pengelupasan kulit sehari-hari yaitu dengan mikrodermabrasi, scrub lembut ataupun dengan menggunakan pembersih khusus. “Pilihan ini aman untuk dilakukan. Intinya, pengelupasan secara teratur akan membuat kulit Anda tampak muda.”

bingung-cara-bercukur-yang-benar-simak--1dde7b