Musik dan bahasa, kedua hal ini tampak tak saling berkaitan. Namun sebuah penelitian terbaru mengungkapkan adanya hubungan antara keduanya. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang belajar musik memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik. Belajar musik terutama pada kelas musik bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati anak-anak pada organisasi harmony Project yang memberikan pembelajaran musik dan instrumen pada anak-anak tak mampu di Los Angeles. Selama dua tahun, anak yang aktif berpartisipasi dalam kelas musik menunjukkan peningkatan dalam berbahasa. Peneliti menemukan peningkatan fungsi pada bagian otak yang berkaitan dengan bahasa dan kemampuan membaca, seperti dilansir oleh Web MD (16/12). Selain itu, peneliti menemukan bahwa belajar musik juga meningkatkan bagian otak yang biasanya lemah pada anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Hasil penelitian ini diterbitkan secara online dalam jurnal Frontier in Psychology.

“Bahkan pada kelompok kecil, diketahui adanya peningkatan fungsi saraf otak setelah latihan musik,” ungkap ketua peneliti Nina Kraus dari Northwestern University.

Kraus menjelaskan bahwa hasil ini bisa mendukung pentingnya belajar dan mendengarkan musik untuk merangsang otak pada anak-anak. Cara otak mengolah musik hampir sama dengan cara otak memproses kemampuan berbahasa yang berkaitan dengan kemampuan membaca. Peneliti bisa memprediksi bahwa anak yang memproses musik dengan kurang efisien akan memiliki nilai berbahasa yang buruk di sekolah. Karena itu, latihan belajar bermusik dan mendengarkan musik juga penting untuk merangsang otak anak agar bisa berfungsi dengan baik ketika berbahasa.

Bagaimana pendapat Anda tentang hasil penelitian ini? Setujukah bahwa belajar musik membantu meningkatkan kemampuan anak berbahasa?

8ac39-pentingnyamotivasibelajarmusikbagianak

Trends Mebel Terbaik:

kursi untuk belajar musik