Sebenarnya dibanding dengan pria, wanita merupakan makhluk yang selalu sibuk selama 24 jam sehari dalam hidupnya. Apalagi jika mereka merupakan wanita pekerja dan ibu rumah tangga sekaligus dimana pada pagi hingga sore hari mereka harus bekerja dan sepulang kerja hingga malam hari mereka harus mengurus keluarganya. Agar aktivitas yang dilakukan wanita tidak terganggu, maka dibutuhkan kondisi fisik yang pria. Dan cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi vitamin dan mineral. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah vitamin penting yang wajib untuk dikonsumsi wanita secara rutin.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan jenis nutrisi yang wajib untuk dikonsumsi wanita. Sebab dibandingkan dengan pria, wanita lebih rentan untuk terkena osteoporosis yang disebabkan karena kekurangan kalsium. Beberapa sumber penting kalsium adalah produk olahan susu dan telur.

  1. Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium. Tidak peduli jumlah susu yang Anda minum, namun jika Anda tidak mengonsumsi vitamin D maka kalsium tidak dapat diserap oleh tubuh. Salah satu sumber terbaik dari vitamin ini adalah sinar matahari pagi.

  1. Vitamin A

Bagi wanita, vitamin A penting untuk menjaga kesehatan saat sedang menstruasi serta mencegah terjadinya infeksi vagina. Vitamin A juga penting untuk mencegah kanker payudara.

  1. Vitamin B1

Vitamin B1 yang juga dikenal dengan tiamin ini penting untuk mengubah zat gula menjadi energi. Jenis makanan yang mengandung vitamin B1 adalah daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Vitamin B2

Riboflavin atau vitamin B2 sangat penting bagi wanita sebab memiliki beberapa manfaat penting seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku, memperlambat proses penuaan dini, serta yang paling penting adalah meningkatkan kesehatan sistem reproduksi.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 juga dikenal sebagai pyridoxine dan berguna bagi perempuan untuk mengobati sindrom pramenstruasi, masalah haid dan mual selama awal kehamilan. Selain itu vitamin B6 juga berguna untuk mengobati depresi saat kehamilan.

  1. Asam Folat

Bagi wanita hamil, vitamin B6 bermanfaat untuk mencegah keguguran dan mengurangi risiko bayi lahir cacat. Sayuran hijau merupakan sumber folat yang penting.

  1. Vitamin C

Tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga penting untuk meningkatkan kesehatan kulit, rambut, kuku, serta memperlambat proses penuaan dini.

  1. Vitamin E

Di kalangan wanita, vitamin E merupakan jenis vitamin yang populer untuk dikonsumsi. Sebab vitamin ini mampu mencegah komplikasi saat kehamilan, melindungi sel tubuh, serta menghindarkan masalah yang berkaitan dengan menstruasi.

10. Kolin

Kolin merupakan nutrisi yang berasal dari vitamin B kompleks. Vitamin ini sangat penting bagi wanita hamil untuk mencegah bayi lahir cacat. Kolin dapat Anda temukan di dalam telur.

Nutrisi di atas sebaiknya Anda konsumsi dalam bentuk makanan yang segar dan sehat. Sebab jika Anda mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen, maka efek sampingnya akan lebih tinggi.

makanan-sehat-ibu-hamil