Banyak orang mempunyai kebiasaan meminum air dingin setelah makan. Memang menyenangkan meminum segelas air dingin dan menyegarkan. Namun kebiasaan itu punya efek tidak bagus untuk kesehatan. Kebiasaan minum air dingin putih setelah makan akan memadatkan atau membekukan unsure lemak atau minyak dari hidangan yang kita makan. Ini akan menyebabkan meperlambat pencernaan. Ternyata kebiasaan ini dapat mempersempit saluran usus dalam perut. Hal ini disebabkan menumpuknya lemak karena keadaan perut yang dingin. Selain itu meminum air dingin setelah makan dapat menyebabkan perut menjadi kembung.Karena tubuh harus menyesuaikan suhu air dingin yang masuk kedalam tubuh agar sesuai dengan suhu tubuh. Pada suhu dingin menyebabkan saraf-saraf di sekitar mulut, tenggorokan, sampai perut bagian atas menjadi kaget. Kemudian selaput lender disekitar saraf tersebut akan ikut mengerut dan menyebabkan enzim serta cairan lambung bereaksi.

Efek lain yang bisa ditimbulkan karena selalu meminum air dingin dari dispenser atau dengan menambahkan es batu dapat mengganggu system pencernaan. Karena kebiasaan ini dapat membuat kita susah buang air besar. Kesulitan buang air besar membuat kita merasa tidak nyaman. Inilah alasan mengapa sering dianjurkan untuk meminum air hangat setelah makan. Air hangat bagus untuk kesehatan dan memiliki beragam manfaat. Atau alternatif lainnya jangan menambahkan es pada air dan minum air dalam suhu normal. Dreamers, bagi kamu yang gemar minum air dingin setelah makan sebaiknya kurangi kebiasaan ini demi kesehatan. Bahkan kalau kita menggantinya dengan air hangat ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah untuk mencegah serangan jantung. Bagi mereka yang mempunyai penyakit jantung koroner berapapun persentase penyumbatannya akan memudahkan dirinya untuk terserang penyakit jantung. Hal ini dikarenakan saluran koronernya bisa mengeras atau pun mengkerut sehingga lubang salurannya bisa mengecil yang pada gilirannya dapat menghambat laju dari jantung. Oleh karena itu, untuk menghambat proses mengkerut dan mengerasnya saluran koroner, biasakanlah meminum air panas.

Biasakanlah hidup sehat dengan memperhatikan hal kecil yang dianggap kurang penting, padahal dengan memperbaiki kehidupan kita sekecil apapun hal itu bisa berpengaruh besar terhadap perubahan yang bakalan kita rasakan dikemudian harinya.

P