Stres bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental juga fisik. Hampir semua orang sudah tahu hal itu. Namun mungkin banyak yang belum tahu kondisi kesehatan apa yang akan terganggu apabila stres dibiarkan berkepanjangan. Walau tidak terlihat dan kerap dianggap sepele, namun stres ternyata bisa berakibat fatal terhadap kesehatan, bahkan bisa menimbulkan kematian jika seseorang tak dapat mengelola stres yang dialaminya. Pilihlah menikmati hidup sebagaimana adanya.  Hargai dan syukurilah sinar matahari dan hujan. Hiruplah semerbak bau harum bunga-bungaan, balaslah senyuman, bermainlah dengan anak-anak Anda. Pendekatan pada kehidupan seperti ini tidak mahal dan melindungi Anda dari stres. Tahukan Anda, saat mengalamai stres ada dua macam hormon yang sangat berbahaya yang dikeluarkan secara berlebihan yaitu hormon adrenalin dan hormon kortisol. Kedua macam hormon ini dilepas oleh Hypothalamus, organ kecil yang berada di pusat otak.

Berikut beberapa bahaya stres berkepanjangan sebagai berikut :

  1. Mempengarui Hubungan Keluarga dan Cinta

Ini pun kerap dialami oleh mereka yang sedang stres, dengan melampiaskannya pada keluarga atau pasangan. Stres dapat memperburuk ikatan keluarga dan bahkan hubungan pernikahan. Bahkan memicu pula munculnya penyakit seksual seperti impotensi.

  1. Mengundang Penyakit

Studi di Johns Hopkins University menyebutkan fakta mengerikan mengenai munculnya berbagai penyakit seperti kerusakan hati, penyakit paru, serta kanker yang diderita oleh orang yang menderita stres kronis.

  1. Merusak Jantung

Sebuah penelitian di Belanda yang memeriksa level hormon cortisol pada orang tua menemukan, stres secara signifikan meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti tersumbatnya pembuluh darah atau jantung. Hormon yang dikeluarkan tubuh saat stres membuat otot jantung rusak, mengacaukan denyut jantung, dan memperburuk kondisi pembuluh darah.

  1. Depresi

Stres, apabila titak segera diatasi bisa berkembang menjadi depresi. Terlalu fokus pada masalah hidup sampai lupa bersantai, relaks atau liburan bisa membuat seseorang merasa sedih dan gelisah terus menerus. Lama kelamaan, depresi bisa memperparah penurunan kondisi tubuh secara fisik (entah kurang makan atau makan berlebihan), gangguan kesehatan mental akut bahkan kematian.

Stres bisa diatasi dengan obat antidepresan ( dengan konsultasi dan resep dokter ) atau bisa dicoba dengan melakukan hal-hal sederhana ini.

1636226620X310