Saat ini, anak-anak memang cenderung mudah dan sering mengalami infeksi. Biasanya orang tua berpikir antibiotik akan memberikan pengobatan yang cepat dibanding obat lainnya. Namun kenyataannya infeksi bisa disebabkan oleh virus atau bakteri sedangkan antibiotik hanya untuk infeksi bakteri. Berikut adalah beberapa efek berbahaya dari antibiotik pada kesehatan anak :

  1. Overdosis

Jika dokter anak Anda memberi resep antibiotik, berhati-hatilah untuk tidak melebihi dosis yang dianjurkan olehnya. Sebagian besar paket antibiotik mempunyai ukurannya sendiri-sendiri. Hal ini lebih baik menggunakan pengukur daripada sendok. Overdosis akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

  1. Resistensi Obat

Setiap antibiotik memiliki aturan pakai beberapa hari. Dokter akan meresepkan khusus dan Anda harus mengikutinya dengan benar. Jika itu 5 hari, berikan selama 5 hari jangan hentikan sebelum 5 hari bahkan jika anak Anda sudah lebih baik. Jika Anda menghentikan sebelum waktu yang ditentukan akan menyebabkan pembentukan bakteri resisten sehingga kebutuhan untuk antibiotik lebih kuat untuk berikutnya.

  1. Kehilangan flora normal

Bahkan ketika antibiotik dirancang untuk bertindak melawan bakteri berbahaya, hal itu dapat mempengaruhi flora normal usus juga. Bakteri ramah usus normal usus sangat penting untuk fungsi tubuh yang sehat. Ini adalah salah satu bahaya yang paling umum dari antibiotik pada anak-anak.

  1. Diare

Diare adalah keluhan umum ketika anak-anak yang memakai antibiotik. Kerusakan pada flora normal usus adalah alasan utama untuk ini. Mengambil suplemen vitamin bersama dengan antibiotik adalah salah satu pilihan untuk mencegah hal ini.

  1. Alergi

Beberapa anak-anak mengembangkan reaksi alergi terhadap antibiotik seperti penisilin. Itu selalu disarankan untuk menginformasikan dokter Anda jika anak-anak Anda menunjukkan gejala alergi saat mengkonsumsi obat-obatan.

  1. Peradangan usus

Ketika sering digunakan, antibiotik dapat menyebabkan peradangan usus. Ini akan menjadi salah satu alasan untuk sakit perut anak-anak Anda, yang mungkin tidak sengaja berhubungan dengan tanda-tanda penyakit yang Anda beri antibiotik.

Bicarakan dengan dokter jika anak Anda menunjukkan efek samping setelah mengkonsumsi antibiotik. Batasi penggunaan obat dan membantu anak-anak Anda menjalani hidup sehat.

bahaya antibiotik pada anak