Siapa sih yang tidak merasakan bad mood atau mood yang buruk? Sesekali seseorang pasti pernah merasakan mood yang buruk, termasuk anda. Mood yang buruk bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai hal yang tak menyenangkan, ada masalah, hingga stress dan depresi. Efeknya pada setiap orang juga berbeda-beda, ada yang menyebabkan susah makan dan tidur, tapi ada yang justru meningkatkan nafsu makan dan tidurnya. Jika anda yang termasuk mengalami stress dan bad mood, jangan khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan mood anda agar menjadi lebih baik. Penasaran makanan apa yang bisa mengusir bad mood, berikut beberapa makanan yang bisa mengusir bad mood anda :

  1. Vitamin D

Anda mungkin telah mendengar manfaat vitamin D untuk kesehatan tulang. Namun vitamin D tidak hanya baik untuk tulang, melainkan juga untuk menghalau bad mood. Penelitian menemukan bahwa vitamin D bisa meredakan masalah mental terkait dengan mood. Vitamin D diketahui bisa meningkatkan serotonin, yaitu zat kimia otak yang mengatur mood. Vitamin D juga diklaim bisa meredakan depresi. Vitamin D bisa didapatkan melalui sinar matahari, namun juga bisa dikonsumsi melalui berbagai makanan, misalnya susu kedelai, kuning telur, dan susu rendah lemak. Karena makanan yang kaya vitamin D cukup sulit ditemukan, tak ada salahnya mencukupi kebutuhan vitamin D dengan minum multivitamin.

  1. Asam Lemak Omega-3

Berbagai macam penelitian telah menunjukkan kaitan antara omega-3 dan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 bisa mengurangi depresi. Selain itu, omega-3 juga diklaim bisa mempengaruhi mood, yaitu dengan mengurangi peradangan pada bagian otak yang bernama cytokinesis. Peradangan pada cytokinesis konon diketahui bisa memicu rasa depresi dan stres. Penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 bisa mengurangi tingkat depresi pada pasien mental. Asam lemak omega-3 bisa didapatkan pada makanan seperti ikan salmon, makarel, sarden walnut, serta telur yang mengandung omega-3.

  1. Folat

Folat adalah salah satu bentuk vitamin B yang penting untuk meningkatkan mood dan meredakan rasa lelah. Peneliti percaya bahwa folat digunakan tubuh untuk meningkatkan mood yang baik. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pasien yang mengalami depresi biasanya kekurangan folat dibandingkan dengan pasien yang tidak depresi. Folat bisa didapatkan melalui sayuran berdaun hijau seperti kale, brokoli, dan bayam. Selain itu, folat juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi gandung utuh, biji-bijian, biji bunga matahari, dan jeruk.

  1. Sarapan

Untuk mencegah bad mood, satu hal yang muda bisa dilakukan adalah angan melewatkan sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan tidak hanya memberikan energi untuk beraktivitas seharian namun juga bisa meningkatkan bad mood. Orang yang terbiasa sarapan memiliki mood yang lebih baik dan tidak cepat lelah jika dibandingkan dengan orang yang jarang sarapan. Sarapan yang seimbang juga bisa meningkatkan konsentrasi dan bahkan membantu mengontrol berat badan. Sarapan yang baik sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks seperti yang terdapat dalam oat, sereal, dan gandum serta protein dari makanan seperti telur, susu, dan kacang.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 bersama dengan vitamin B lainnya berperan penting terhadap kesehatan mental. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan masalah serius tak hanya secara fisik seperti memicu anemia dan masalah saraf, tetapi juga secara psikis yaitu bisa memicu depresi dan merusak fungsi mental. Penelitian mengungkap bahwa 30 persen pasien yang dirawat di rumah sakit karena depresi mengalami kekurangan vitamin B12. Karena itu, mencukupi kebutuhan vitamin B12 adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir bad mood. Vitamin B12 bisa didapatkan melalui makanan seperti tiram, kepiting, salmon, daging sapi tanpa lemak, yogurt rendah lemak, telur, dan susu.

Beberapa contoh makanan di atas dapat membantu anda mengatasi bad mood. Jangan sampai yang anda makan malah memperparah tingkat stress anda, jadi kenali betul perasaan anda lalu pilihlah makanan yang sesuai dengan kondisi mood anda.

7-makanan-sehat-pengusir-bad-mood